JUMLAH AYAT DAN WAKTU TURUN AL-QURAN

بسم الله الرحمن الرحيم

Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW tidak sekaligus, akan tetapi diturunkan secara berangsur-angsur. Jumlah ayat Al-Quran seluruhnya ada :

6666               Ayat
114                 Surat
30                  Juz
77.450            kalimah
1.025.000       Huruf

Al-Quran diturunkan secara sekaligus pada malam Lailatur Qodar dari Lauhil Mahfudz ke Baitul 'Izzah (suatu tempat yang berada di langit dunia), kemudian baru diturunkan kepada Nabi Mhuhammad SAW selama kurang lebih 23 tahun, tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari terhitung semenjak Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul pada usia 40 tahun hingga beliau wafat pada usia 63 tahun.

Al-Quran tersebut diturunkan di dua tempat, yaitu di Makkah dan Madinah. di Makkah sebanyak 83 surat dan di Madinah 31 surat, jumlah keseluruhan 114 surat.

Surat yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Makkah yaitu Surat "AL-'ALAQ" ayat 1-5. Dan surat yang terakhir turun di Makkah adalah surat AL-'ANKABUT, ada juga 'Ulama yang mengatakan surat AL-MU'MINUN, ada juga yang bilang  surat AL-MUTHOFFIFIN.

Sedangkan surat yang pertama turun di Madinah adalah surat AL-BAQOROH, dan surat yang terakhir turun di Madinah adalah surat AL-MAIDAH.

Wallahu A'lam.

0 Response to "JUMLAH AYAT DAN WAKTU TURUN AL-QURAN"

Post a Comment