PENGERTIAN IMAN

بسم الله الرحمن الرحيم

Iman menurut bahasa اَلتَّصْدِيْقُ
artinya : Membenarkan

Menurut istilah adalah

اَلتَّصْدِيْقُ بِجَمِيْعِ مَا جَاءَ بِهِ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
Membenarkan semua apa yang didatangkan/dibawa oleh Nabi Muhammad SAW

Ma'na "اَلتَّصْدِيْقُ" di sini adalah حديث النفس ma'nanya adalah "Rido dengan apa yang didatangkan/dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Jika kita membenarkan, rido dengan apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, itu berarti kita mau menerima, dan menjalankan apa-apa yang dibawa oleh Nabi SAW yaitu ajaran Islam, itu merupakan bukti/perwujudan dari iman itu sendiri.

Pengertian yang lain tentang iman adalah dari hadis Rasulullah SAW :

اَلتَّصْدِيْقُ بِالْقَلْبِ وَاِقْرَارٌ بِاللِّسَانِ وَعَمَلٌ بِالْاَرْكَانِ

Mebenarkan, meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengerjakan dengan anggota badan.

Menurut Imam Asy-Syafi'i, Ahli Hadis dan Ahli Tasawwuf Rahimahumullahu Ta'ala : AMAL itu merupakan satu Juz dari iman yang sempurna, bukan bagian dari hakikatnya iman. Berarti jika seorang Mu'min tidak beramal maka imannya tidak sempurna alias kurang, karena iman itu kadang bertambah kadang berkurang, ketika dia rajin beramal maka imannya bertambah, jika berkurang amalnya maka berkurang imannya. Ketika seorang Mu'min Muslim tidak beramal, katakanlah dia tidak sholat, maka hukumnya tetap seorang muslim, hanya dia termasuk golongan FASIQ (orang yang suka mengerjakan dosa besar). Dan perlu diingat bahwa iman dan islam itu satu tidak dapat dipisahkan.

Pengertian yang lain masih dari hadis Rasulullah SAW


الايمان ان تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الاخر وتؤمن بالقدر خيره وشره

Iman itu adalah engkau beriman/percaya kepada Alloh, malaikat-malaikatNya, Kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, Hari akhir, dan percaya kepada Qodo dan Qodar (yang baik dan buruknya itu dari Alloh SWT)

0 Response to "PENGERTIAN IMAN"

Post a Comment