SUJUD SAHWI

بسم الله الرحمن الرحيم

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena lupa. Jika sesorang tertinggal atau sengaja meninggalkan sunnah ab'ad, maka dia disunnahkan sujud sahwi. Tetapi jika dia meninggalkan sunnah haiat maka tidak boleh sujud sahwi.

Sujud sahwi juga dilakukan jika merasa ragu akan bilangan raka'at, umpamanya ketika sholat dzuhur lupa apakah sudah 2 raka'at atau 3 raka'at, maka kita ambil yang sedikit yaitu 2 raka'at, berarti tinggal 2 raka'at lagi, kemudian nanti sujud sahwi. Sujud sahwi ini juga berlaku dalam sholat fardu ataupun shalat sunnat.

Bagaimana jika yang tertinggal itu rukun? Maka laksanakan rukun tersebut ketika ingat dan masih dalam sholat, jika ingatnya setelah selesai sholat dan belum melakukan apa-apa (belum berselang lama), artinya setelah selesai salam kita ingat ada rukun yang tertinggal, maka laksanakan rukun tersebut, misalnya kita sholat magrib hanya dua raka'at, setelah salam kita ingat kurang satu raka'at, maka langsung berdiri tambah satu raka'at lagi dan nanti sujud sahwi, namun jika ingatnya setelah lama selesai sholat, maka wajib mulai dari awal lagi, dan jika rukun itu sengaja ditinggalkan, maka batal sholatnya.

Bagaimana jika selesai sholat kita RAGU apakah ada rukun yang tertinggal atau raka'at yang kurang, maka itu tidak mengapa dan sholatnya tetap sah, karena itu KERAGUAN setelah sholat dan bukan KEYAKINAN. Jika yakin tertinggal maka ketentuannya seperti diatas saya jelaskan.

Sujud sahwi ini hanya berlaku bagi imam dan sholat yang sendiri, tidak berlaku bagi ma'mum, karena ma'mum itu wajib mengikuti imam, kecuali jika imam misalnya menambah raka'at karena lupa dan sudah dikasih tau dengan bacaan tasbih, tapi imam tetap berdiri, maka ma'mum tidak boleh ikut imam karena ma'mum tau bahwa imam menambah raka'atnya.

Adapun sujud sahwi dilakukan 2x sebelum salam, seperti sujud biasanya 2x ada duduk antara dua sujud. Perlu di ingat sebelum sujud harus niat dalam hati ketika kita akan turun untuk melakukan sujud sahwi tersebut. Setelah selesai sujud baru kita salam. Untuk bacaan sujud sahwi adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَ مَنْ لَايَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Maha Suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa.

Wallau A'lam.

No comments:

Post a Comment