FARDU PUASA

بسم الله الرحمن الرحيم

Fardu puasa ini kita ambil yang simple saja secara garis besar, karena pada intinya sama dengan yang dirinci satu-persatu. Adapun Fardu puasa ini ada 3 sebagaimana yang ada dalam kitab safinah.

1. Niat di dalam hati setiap malam.

Niatnya seperti ini :  
"Saya niat berpuasa fardu romadon karena Allah Ta'ala".  
Niat ini sudah cukup walau tidak menyebut besok hari.

Niat yang paling sempurna adalah : 
"Saya niat berpuasa fardu romadon besok hari pada tahun ini karena Allah Ta'ala".

Untuk niat puasa ini WAJIB setiap malam. Jika seseorang pada malam pertama ramadhan niat berpuasa untuk satu bulan penuh, maka niat tersebut hanya BERLAKU untuk hari PERTAMA saja, hari kedua dan seterusnya tetap WAJIB niat. Lantas untuk apa ada niat untuk satu bulan sekaligus??? Jawabannya hanya untuk berjaga-jaga jika suatu hari LUPA niat berpuasa, maka puasanya bisa berhasil karena waktu awal puasa niat sebulan penuh, tapi syaratnya karena lupa dan bukan disengaja. Jika sengaja meninggalkan niat, maka puasanya tidak sah walaupun sudah niat satu bulan pada awal ramadhan.

Untuk niat puasa ini ada syarat yang disebut TABYIT dan TA'YIN, berikut penjelasannya ===>> 

a). TABYIT adalah meletakkan niat puasa di malam hari, yaitu antara matahari terbenam hingga terbit fajar. Jika seseorang niat puasa berbarengan dengan terbit fajar, maka puasanya tidak sah (berarti wajib diQodo nanti). Jadi disarankan niat ini dilakukan sesudah terbenam matahari sampai sebelum terbit fajar shodiq. Apakah sesudah magrib atau isya, yang penting dilakukan malam hari sebelum terbit fajar.

TABYIT ini hanya berlaku untuk puasa FARDU saja, sedangkan untuk puasa sunnah niatnya boleh di pagi hari asal belum makan dan minum atau melakukan perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

b). TA'YIN adalah menentukan puasa fardu yang mana?? Apakah fardu ramadhan, kifarat, atau nadzar. Makanya ketika niat puasa ramadhan ini wajib menyebutkan fardu Ramadhan, itulah yang disebut TA'YIN artinya menentukan jenis puasa fardu.

2. Meninggalkan semua perkara yang dapat membatalkan puasa

3. Berpuasa

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment