PENGERTIAN HAJI DAN UMROH

بسم الله الرحمن الرحيم

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi, akan tetapi untuk haji ini ada syarat-syarat tertentu di antaranya adalah orang yang mampu, jika tidak mampu atau tidak memenuhi syarat, maka tidaklah wajib haji. Kewajiban Haji ini hanyalah satu kali seumur hidup dan hanya dikerjakan pada bulan tertentu saja. Ibadah Haji ini berikut dengan umroh. Haji dan Umroh disebutlah "NUSUK" wajib hukumnya.

Ibadah Haji ini merupakan Syari'at Nabi terdahulu, bahkan ada riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Adam as menunaikan ibadah haji sebanyak 40x.

Ibadah Haji difardukan tahun 6 hijriyah. menurut pendapat yang sahih Bahwa nabi Muhammad SAW menunaikan Haji sebelum dan sesudah menjadi Nabi. Sebelum hijrah Nabi SAW menunaikan haji berkali-kali, tapi tidak diketahui bilangannya secara pasti. Dan setelah Hijrah Nabi SAW menunaikan ibadah haji satu kali yaitu haji wada'

A. Pengertian Haji

Menurut bahasa : القصد artinya Menuju/Menyengaja
Menurut Istilah  : قصد الكعبة للنسك artinya Menuju Ka'bah untuk menunaikan Ibadah.

B. Pengertian Umroh

Menurut bahasa : زيارة مكان عامر artinya Mengunjungi tempat ramai.
Menurut istilah :
قصد الكعبة للنسك artinya Menuju Ka'bah untuk menunaikan Ibadah.

C. Dalil Wajib Haji

 ولله على الناس حج البيت من استطاع اليه سبيلا

Dan karena Allah, wajib atas semua manusia mengerjakan ibadah haji, yaitu bagi orang yang mampu pergi ke baitullah
(Ali-Imron : 97)

عن ابن عباس رضي الله عنهما : ان الاقرع بن حابس قال : يارسول الله , الحج في كل سنة او مرة واحدة ؟ قال : بل مرة واحدة , فمن زاد فهو تطوع
(رواه ابو داود والنسائي)

Dari Ibnu Abbas r.a : Bahwasannya Aqro' bin Habis berkata : Ya rasulullah ! Apakah Haji itu wajib dikerjakan tiap-tiap tahun atau satu kali saja.? Rosul menjawab : "Ya, yang wajib hanya satu kali saja. Maka barang siapa menambahnya maka itu sunnah (H.R Abu Dawud dan Nasa'i)

Wallahu A'lam

0 Response to "PENGERTIAN HAJI DAN UMROH"

Post a Comment