PENGERTIAN PUASA

بسم الله الرحمن الرحيم
Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh seluruh orang-orang yang beriman yang balig dan berakal, bagi orang yang belum balig apalagi tidak berakal maka mereka bukanlah Mukallaf dan tidak terkena kewajiban agama. Melaksanakan puasa tentu bagi orang yang telah memenuhi syarat-syaratnya, silakan lihat Syarat Wajib Puasa. Kewajiban berpuasa sudah Allah katakan dalam Al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 :


ياايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa (QS. Al-Baqarah : 183)

Pengertian puasa menurut bahasa adalah :    اَلْاِمْسَاكُ عن الشَّيْئِ   artinya menahan sesuatu. Itu arti puasa secara umum, yang dikatakan menahan sesuatu berarti puasa, tapi puasa di sini bukan hanya menahan saja, ada arti yang khusus secara istilah.

Puasa menurut istilah adalah :


اِمْسَاكٌ مَخْصُوْصٌ من شخص مخصوص في وقت مخصوص بشرائط

Menahan hal-hal yang telah ditentukan (sesuatu yang khusus), dari seseorang yang telah ditentukan pada waktu yang telah ditentukan pula dengan beberapa syarat.

Menahan hal-hal yang telah ditentukan artinya menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, dan ini sudah dijelaskan oleh para 'Ulama di dalam kitab-kitab Fiqih sesuai dengan hadis-hadis Rasul. Puasa ditentukan hanya bagi orang-orang yang beriman saja sesuai dalam ayat yang telah dijelaskan di atas, maka dalam hal ini puasa tidak diperuntukkan bagi mereka yang tidak beriman. Dan puasa inipun hanya pada waktu yang khusus saja yaitu pada bulan suci Ramadhan.


Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment