SHALAT TAHAJJUD

بسم الله الرحمن الرحيم

Sholat Tahajjud adalah sholat sunnat muakkad yang dikerjakan pada waktu malam setelah sholat 'Isya sampai sebelum terbit fajar dan dilakukan sesudah tidur terlebih dahulu. Waktu yang paling utama ialah sepertiga akhir malam yaitu pada waktu sahur.

Dalil-dalil Tahajjud

ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى ان يبعثك ربك مقاما محمودا

Dan dari sebagian malam bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan (sunnat) bagimu. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji (Q.S Al-Isro : 79)

كانوا قليلا من الليل ما يهجعون . وبالاسحار هم يستغفرون

Didunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum Fajar. (Adz-Dzariyat : 17-18)

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : عليكم بقيام الليل فانه دأب الصالحين قبلكم وقربة لكم الى ربكم ومكفرة للسيئات ومنهاة عن الاثم ومطردة للداءعن الجسد

Rosululloh SAW telah bersabda : Kerjakanlah sholat malam, karena itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kamu dan merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, juga sebagai penebus kesalahan dan penolak bagi penyakit jasad (H.R Turmudzi)

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ان في الليل لساعة لايوافقها عبد مسلم يسأل الله خيرا من امر الدنيا والاخرة الا اعطاه اياه

Telah berkata Rasulullah SAW : Sesungguhnya diwaktu malam ada suatu saat yang apabila seorang muslim memohon kepada Allah kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, maka Allah akan memberikannya.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : افضل الصلاة بعد المكتوبة صلاة الليل

Telah berkata Rasulullah SAW : Sholat yang paling utama setelah Sholat fardu lima waktu adalah sholat malam (tahajjud)

عن ابي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اذا قام احدكم من الليل فليفتتح صلاته بركعتين خفيفتين
(رواه مسلم) 

Dari Abu Hurairah r.a i berkata : Telah bersabda Rosululloh SAW : Apabila salah seorang di antara kalian bangun malam, maka hendaklah memulai sholatnya dengan 2 raka'at yang ringan. (H.R Muslim)

Bilangan raka'at sholat tahajjud paling sedikit 2 raka'at dan banyaknya tidak di batasi, namun ada sebagian pendapat yang membatasi sampai 12 raka'at. Jika sholatnya lebih dari 2 raka'at, maka lebih utama tiap selesai 2 raka'at salam.

Cara melaksanakannya sama seperti sholat lainnya, hanya niat saja yang berbeda, untuk niat sholat tahajjud seperti ini :>>> Saya Niat sholat sunnat tahajjud dua raka'at lillahi ta'ala":<<< Niat ini dibaca dalam hati dibarengkan dengan takbir ihrom. (Lisan mengucapkan takbir sementara hati berniat).

Wallahu A'lam

0 Response to "SHALAT TAHAJJUD"

Post a Comment