WAKTU YANG MAKRUH DI PAKAI SHALAT TANPA SEBAB

بسم الله الرحمن الرحيم

Sholat Fardu lima waktu itu sudah ditetapkan waktunya, jika kita mengerjakan sesuatu di luar waktunya, maka itu di namakan "Qodo", dan jika dilaksanakan pada waktunya itu di namakan "Ada'". Dari sekian banyak waktu ternyata ada beberapa waktu yang makruh di pakai sholat kecuali ada sebab, diantaranya :

1. Tidak boleh Sholat sesudah sholat subuh sampai ketika Matahari terbit.

عن ابن عمر رضي الله عنهما ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : لاصلاة بعد الفجر الا سجدتين
(رواه الخمسة) 

Artinya : Dari Ibnu Umar r.a : Bahwasannya Rasulullah SAW telah berkata : Tidak ada sholat sunnat sesudah fajar kecuali dua raka'at.

Dari hadis di atas jelas bahwa sesudah terbit fajar tidak ada sholat sunnat, hanya sholat sunnah fajar atau qobliyah subuh saja, dan setelah sholat subuh tidak ada sholat sunnah.

2. Tidak boleh sholat ketika matahari terbit sampai matahari naik setombak

3. Tidak boleh sholat ketika matahari sedang tepat berada di puncak ketinggiannya hingga tergelincirnya, kecuali pada hari jum'at ketika orang-orang masuk masjid untuk mengerjakan sholat tahiyyatul masjid

4. Tidak boleh sholat sesudah sholat 'asar hingga matahari terbenam

عن ابي هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن الصلاة بعد العصر حتى تغرب الشمس وبعد الصبح حتى تطلع الشمس
(رواه الشيخان)

Artinya :
Dari Abu Hurairah r.a : Sesugguhnya Rosululloh SAW melarang sholat setelah sholat 'asar hingga terbenam matahari, dan sesudah sholat subuh hingga terbit matahari (H.R Bukhori-Muslim)

5. Tidak boleh sholat ketika matahari terbenam hingga sempurna terbenamnya.

Itulah lima waktu yang makruh dipakai sholat tanpa ada sebab, jika ada sebab maka diperbolehkan sholat pada waktu tersebut di atas.

Diantara sebab-sebabnya adalah :
(a) Meng-Qodo Sholat. Untuk meng-Qodo sholat yang ditinggal secara sengaja, maka meng-Qodo nya wajib secepatnya, dan jika sholat tertinggal karena halangan seperti tidur atau lupa, itu juga wajib di Qodo, hanya dalam kewajiban Qodo-nya sunnah disegerakan. Contoh kita bangun kesiangan jam 7 pagi dan belum sholat subuh, maka ketika itu juga ambil wudu dan sholat subuh jam 7.

(b) Melaksanakan sholat Jenazah
(c) Sujud Tilawah
(d) Sujud Syukur
(e) Sholat Gerhana
(f) Sholat Istisqo
(g) Mengulang sholat Fardu (I'adah)

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment