ZAKAT FITRAH

بسم الله الرحمن الرحيم

Selamat malam semua.! Artikel yang akan saya tulis malam ini yaitu tentang zakat fitrah, kebetulan sekarang lagi bulan puasa, dan tentunya kewajiban zakat fitrah ini hanya ada di bulan ramadhan.

a. Dalil perintah zakat

Dalil-dalil tentang perintah zakat ini sangat banyak di jelaskan di dalam Al-Quran, dan perintah zakat ini selalu di gandengkan dengan perintah sholat, tidak kurang dari 32x Allah menyebutkan perintah zakat dan sholat yang beriringan. Tapi saya tidak akan menyebutkan semuanya, cukup satu saja diantaranya surat Al-Baqarah ayat 43.

واقيمواالصلوة واتواالزكاة واركعوا مع الراكعين

Dan dirikanlah sholat dan keluarkanlah zakat, dan ruku'lah (tunduklah) bersama orang-orang yang ruku' (yang tunduk). (Q.S. Al-Baqarah : 43)

b. Pembagian Zakat

Zakat ini di bagi 2 bagian
  1. Zakat Fitrah
  2. Zakat Maal
Sesuai dengan judul atas, saya akan tulis artikel tentang zakat fitrah atau di sebut juga zakat badan, Insya Alloh zakat maal nanti pada artikel lain akan di bahas. Zakat Fitrah ini mulai ditetapkan kewajibannya pada tahun 2 Hijriyah (tahun 623 Masehi).

Pada suatu hari tahun 2 H ini, Nabi Muhammad SAW mengumumkan di hadapan para sahabat tentang beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh orang Islam, diantara kewajiban itu adalah zakat fitrah, pengumuman tersebut di keluarkan 2 hari sebelum hari raya idul fitri, dan pada waktu itu pula di mulainya zakat fitrah. Namun pada waktu itu Nabi hanya membagi zakat kepada faqir-miskin saja, karena belum turun ayat yang menjelaskan tentang orang-orang yang berhak menerima zakat, yaitu surat At-Taubah ayat : 60, dan setelah ayat itu turun, Nabi tetap mengutamakan faqir-miskin, karena faqir-miskin merupakan orang yang sangat mebutuhkan bantuan.

c. Dalil perintah Zakat Fitrah

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : زكاة الفطر طهرة للصائم من اللغو والرفث وطعمة للمساكين , فمن اداها قبل الصلاة فهي زكاة مقبولة , ومن اداها بعد الصلاة فهي صدقة من الصدقات
(رواه ابوداود وابن ماجه)

Dari Ibnu 'abbas r.a, ia berkata : Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah itu sebagai pembersih dari pada perbuatan sia-sia dan ucapan-ucapan yang kotor dari orang yang berpuasa, juga sebagai makanan bagi orang miskin. Maka barang siapa yang menunaikan zakat fitrah itu sebelum sholat 'id, itulah zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya sesudah sholat 'id, maka itu adalah suatu shodaqoh dari shodaqoh-shodaqoh biasa. (H.R. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

d. Syarat Wajib Zakat Fitrah
  1. Islam
  2. Mempunyai kelebihan makanan untuk sehari semalam bagi seluruh keluarganya pada waktu terbenam matahari di akhir bulan Ramadhan
  3. Orang-orang tersebut yang bersangkutan hidup di kala matahari terbenam pada akhir bulan ramadhan.
e. Ketentuan Orang yang wajib mengeluarkan zakat

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ادوا صدقة الفطر عمن تمونون
(رواه الدارقطني والبيهقي) 

Dari Ibnu Umar r.a, ia berkata : Bayarkanlah zakat fitrah orang-orang yang menjadi tanggunganmu (H.R Daruqutni dan Baihaqi)

Berikut penjelasannya :
  1. Zakat fitrah Untuk dirinya sendiri : tua, muda, laki-laki dan perempuan
  2. Zakat fitrah untuk Orang-orang yang hidup di bawah tanggungannya, termasuk isteri yang di talaq Raj'i atau di talaq Bain yang sedang dalam keadaan hamil menjadi tanggungan suami.
  3. Untuk isteri yang Nusyuz zakatnya tidak menjadi tanggungan suami, karena haq nafkah dari suami telah gugur
  4. Zakat fitrah anak kecil yang kaya, boleh zakatnya dari harta anak tersebut, boleh juga dari harta ayahnya
  5. Zakat Fitrah anak dari hasil perzinaan menjadi kewajiban sang Ibu
  6. Zakat fitrah anak yang sudah besar dan bekerja, tidak menjadi kewajiban sang ayah
f. Zakat yang perlu di keluarkan
Zakat fitrah untuk tiap-tiap jiwa sebanyak 1 Sha' atau 4 Mud atau 2,5 kilogram dari beras atau lainnya yang menjadi makanan pokok bagi penduduk suatu negeri.

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : زكاة الفطر صاعا من تمر او صاعا من شعير على العبد والحر والذكر والانثى والصغير والكبير من المسلمين , وامر بها ان تؤدى قبل خروج الناس الى الصلاة
(متفق عليه)

Dari Ibnu Umar r.a, ia berkata : Rasulullah SAW tekah mewajibkan zakat fitrah dengan kurma satu sha' atau dengan sya'ir satu sha', atas hamba sahaya, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua dari golongan kaum muslimin. Dan beliau menyuruh agar zakat fitrah itu di tunaikan sebelum orang-orang selesai sholat 'id (Muttafaq 'Alaih)

g. Waktu mengeluarkan zakat fitrah
  • Waktu yang WAJIB mengeluarkan zakat fitrah yaitu semenjak terbenam matahari di akhir ramadhan sampai sebelum sholat 'id.
  • Waktu yang BOLEH mengeluarkan zakat fitrah mulai dari awal ramadhan
  • Haram menunda zakat fitrah sampai melewati hari 'idul fitri bila tiada udzur. Jika ia sengaja menunda sampai melewati idul fitri, maka dia wajib meng-qodo zakat fitrah seketika itu juga, karena kedurhakaannya  
Wallau A'lam

0 Response to "ZAKAT FITRAH"

Post a Comment