HUKUM MEMAKAI SUTERA

بسم الله الرحمن الرحيم

Banyak orang yang bertanya, apakah benar tidak boleh memakai kain dari sutera, untuk baju, celana, selimut atau seprei umpamanya, jawabannya memang tidak boleh, bahkan di haramkan, haram untuk laki-laki dan boleh untuk permpuan. Ini sesuai dengan hadis riwayat Imam Bukhori-Muslim dari hudzaifah r.a.

عن حذيفة رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : لا تلبسوا الحرير ولا الديباج ولا تشربوا في انية الذهب والفضة فانها لهم في الدنيا ولكم في الاخرة
(رواه البخاري ومسلم)

Dari hudzaifah r.a, ia berkata : Aku mendengar Rosululloh SAW bersabda : Janganlah kalian memakai sutera yang halus maupun kasar, dan jangan minum menggunakan wadah dari emas dan perak, maka sesungguhnya itu untuk orang-orang kafir di dunia, dan untuk kalian (umat muslim) nanti di akhirat. (H.R Bukori-Muslim).
 
وعن حذيفة رضي الله عنه قال : نهانا رسول الله صلى الله عليه وسلم عن لبس الحرير والديباج وان نجلس عليه

Dari hudzaifah r.a : Rosululloh SAW melarang kami memakai sutera halus maupun kasar dan juga melarang duduk di atasnya 
 
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : احل الذهب والحرير لاناث امتي وحرم على ذكورها
(رواه احمد)

Rosululloh SAW bersabda : Di halalkan emas dan sutera bagi perempuan dari umatku, dan di haramkan bagi laki-laki dari umatku (H.R Ahmad)

Dari hadis di atas jelas, bahwa pemakaian sutera itu boleh bagi perempuan dan haram bagi laki-laki, seperti bolehnya perempuan memakai perhiasan dari emas dan haramnya laki-laki memakai cincin dari emas.

Lalu bagaimana jika pakaian sutera tersebut di campur dengan bahan lain seperti bahan katun atau bahan dari kapas ? Artinya tidak semua dari sutera, maka ini boleh dipakai oleh laki-laki dengan syarat bahan sutera dan campurannya harus seimbang sama banyaknya (50% sutera dan 50% bahan selain sutera) atau bahkan lebih banyak campurannya dari pada sutera. jika sutera lebih banyak dari pada campurannya, maka ini tetap hukumnya haram dipakai laki-laki. Berikut saya kutip keterangan 'Ulama dari salah satu kitab Madzhab Syafi'iyyah :

ويحرم على الرجال لبس الحرير والتختم بالذهب ويحل للنساء ويسير الذهب وكثيره في التحريم سواء واذا كان بعض الثوب ابريسما وبعضه قطنا اوكتانا جازلبسه مالم يكن الابريسم غالبا

Dan haram bagi laki-laki memakai sutera dan cincin emas, dan halal bagi perempuan. Sedikit atau banyaknya emas sama saja haram (untuk laki-laki). Dan apabila ada sebagian pakaian dari sutera dan sebagian lagi dari kapas atau kattun, maka boleh memakainya (laki-laki) selama bahan sutera itu tidak melebihi/mendominasi.

Wallahu A'lam

0 Response to "HUKUM MEMAKAI SUTERA"

Post a Comment