PENGERTIAN ISLAM


بسم الله الرحمن الرحيم

ومن يبتغ غير الاسلام دينا فلن يقبل منه وهو في الاخرة من الخسرين

Dan barang siapa yang mencari Agama selain Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (Agama selain islam itu) dari padanya, dan  di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi. (QS. Ali-Imran : 85)

PENGERTIAN ISLAM

Islam berasal dari kata (aslama-yuslimu-islaman) yang mempunyai beberapa kata yaitu : Melepaskan diri dari segala penyakit lahir-batin, kedua kedamaian dan keamanan, ketiga Keta'atan dan kepatuhan atau juga berserah diri.

Menurut istilah : Patuh dan menyerahkan diri kepada Allah dengan penuh kesadaran dan kerelaan tanpa paksaaan serta mematuhi peraturan-peraturan-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan demikian, penyerahan yang dilakukan secara terpakasa tidak masuk dalam kategori ini. Dalam Islam taklif hukum diberikan kepada orang yang baligh dan berakal, dan karenanya memiliki kebebasan untuk memilih.

Menjadi Islam artinya seseorang memasrahkan dirinya dan tunduk patuh menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Tidak menyekutukan Allah dan mengikuti risalah yang dibawa Rasul-Nya.

ان الدين عند الله الاسلام ومااختلف الذين اوتوا الكتاب الا من بعد ما جاءهم العلم بغيا بينهم ومن يكفر بأيت الله فان الله سريع الحساب

Sesungguhnya Agama yang diridoi  di sisi Allah adalah Agama Islam, tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka. Karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya (QS. Ali-Imran : 19)

Agama Islam adalah agama yang mentauhidkan Allah dan telah lama ada sejak Nabi Adam a.s hingga Nabi terakhir Nabi Muhammad SAW. Allah berfirman :

وما ارسلنا من قبلك من رسول الا نوحي اليه انه لااله الا انا فاعبدون

Dan kami tidak mengutus seorang Rasul pun sebelum kamu melainkan kami wahyukan kepadanya "Bahwasannya tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Aku, maka sembahlah Aku oleh kamu sekalian. (QS. Al-Anbiya : 25)

Sejak Awal penciptaan manusia, Allah telah menurunkan Agama terhadap manusia yang dibawa oleh seorang Rasul setiap masa tertentu pada bangsa tertentu. Hal ini terus berlangsung sampai datangnya Nabi Muhammad sebagai Nabi terakhir. Yang membedakan antara Nabi-nabi ialah Syari'at, dan syari'at Nabi-nabi terdahulu telah dihapus dan diganti oleh syari'at Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi terakhir. Oleh karena itu syari'at Nabi terdahulu tidak berlaku lagi, karena yang berlaku sekarang adalah Syari'at Nabi Muhammad SAW, karena kita umat Nabi Muhammad SAW, maka wajib menjalankan syari'at yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

شرع لكم من الدين ماوصى به نوحا والذي اوحينا اليك وما وصينا به ابراهيم وموسى وعيسى ان اقيموا الدين ولا تتفرقوا فيه كبر على المشركين ما تدعوهم البه . الله يجتبي اليه من يشاء ويهدي اليه من ينيب

Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu : Tegakkanlah Agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya, amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali kepada-Nya. (QS. Asy-Syuro : 13).

Islam itu dibangun atas lima dasar yaitu : (1) Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (2) Mendirikan sholat lima waktu. (3) Mengeluarkan zakat. (4) Berpuasa di bulan Ramadhan. (5) Menunaikan ibadah haji ke Baitullah.

No comments:

Post a Comment