PENGERTIAN RIYA DAN CIRI-CIRINYA

بسم الله الرحمن الرحيم

Riya merupakan perbuatan yang dapat merusak amal kebaikan, amal yang disertai riya tidak akan diterima Allah SWT. Bahkan Rasul menegaskan bahwa riya termasuk perbuatan syirik yang kecil.

Rasulullah SAW bersabda :

اخوف مااخاف عليكم الشرك الاصغر قالوا يارسول الله وماالشرك الاصغر ؟ قال الرياء

Sesuatu yang paling aku takuti terjadi atas kalian yaitu syirik kecil, para sahabat bertanya : "Apakah syirik kecil itu wahai Rasulullah? Rasul menjawab : "Syirik kecil itu adalah riya".

Kenapa riya disebut syirik kecil? Kita semua tahu bahwa menduakan Allah itu termasuk perbuatan syirik. Dan riya inilah termasuk syirik kecil, disebut syirik karena beribadahnya kepada Allah tapi tujuannya bukan ingin mendapatkan Ridha dari Allah, akan tetapi ingin dilihat orang lain, ingin dipuja dan dipuji, ingin terkenal dan lain sebagainya yang tujuannya bukan karena Allah.

Pengertian Riya

طلب المنزلة والتعظيم عند الناس بعمل الاخرة

Mencari kedudukan dan keagungan atau kemuliaan disisi manusia dengan beramal akhirat. (Lihat kitab Nasoihuddiniyyah)

Jadi seseorang yang beramal akhirat, seperti shalat, puasa, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya itu bukan karena Allah tapi karena ingin mendapat kedudukan dan kemuliaan ataupun pujian dari manusia. 

Di dalam hadis lain Rasulullah SAW mengatakan bahwa orang yang riya itu adalah orang yang menipu Allah SWT. Dikatakan menipu karena dia beribadah kepada Allah tapi bukan karena ingin mendapat ridho Allah, dan kelak pada hari kiamat Allah berkata kepada mereka yang riya : "Hari ini adalah hari pembalasan terhadap amalan semua hamba, maka pergilah kalian dan mintalah pahala dari orang-orang yang ketika di dunia kalian beramal karena mereka dan bukan karena Aku, kalian tidak akan mendapatkan kebaikan sedikitpun dari orang-orang tersebut”.

CIRI-CIRI RIYA

Sebetulnya apa yang sudah diuraikan di atas sudah termasuk pengertian dan ciri-ciri riya, tapi berikut saya tuliskan dua cirinya :

يكسل اذا كان وحده وينشط اذا كان مع الناس
ويزيد في العمل اذا اثنى عليه وينقص اذا ذم به

Orang yang riya suka malas apabila dia beribadah sendirian 
dan suka rajin apabila beribadah dengan banyak orang.
Orang yang riya suka bertambah amalnya jika dia mendapat pujian dan berkurang ibadahnya jika dia mendapat celaan.

No comments:

Post a Comment