ADAB JUM'AT

بسم الله الرحمن الرحيم
Adab Jum'at
Hari jum'at merupakan hari yang paling utama dan paling agung menurut Allah SWT dari pada hari 'idul fitri dan 'idul adha, adapun hari 'arafah lebih utama dari pada hari jum'at. Hari jum'at merupakan salah satu hari raya bagi orang-orang mu'min, dan hari jum'at adalah hari yang mulia yang Allah peruntukkan bagi umat Nabi Muhammad SAW. 

ADAB-ADABAN JUM'AT

1. Bersiap-siap untuk menyambut hari jum'at dengan membersihkan pakaian, memakai wewangian dan memperbanyak membaca tasbih dan istighfar (do'a) mulai dari hari kamis sore setelah asar, karena waktu ini adalah waktu ijabah.

2. Berpuasa sunnah pada hari jum'at di sangdingkan dengan kamis atau sabtu.

3. Mandi ketika menjelang subuh pada hari jum'at, karena disinilah waktu untuk mulai mandi jum'at. Mandi jum'at ini hukumnya sunnah muakkad.

Kemudian berhias dengan memakai pakaian putih, karena pakaian putih ini adalah pakaian yang paling di sukai Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda :

البسوا من من ثيابكم البياض فانها من خير ثيابكم وكفنوا فيها موتاكم

Pakailah oleh kalian pakaian yang putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian, dan kafanilah orang yang mati dari kalian dengan kain putih (H.R. At-Turmudzi)

4. Mencukur kumis dan menggunting kuku. Lebih utama ketika menggunting kuku-tangan di mulai dari kuku jari telunjuk tangan kanan sampai kelingking dan terakhir kuku ibu jari. Untuk kuku tangan kiri di mulai dari kuku jari kelingking sampai kuku ibu jari.  Untuk kaki di mulai dari kuku jari kelingking kanan sampai kelingking kaki kiri.

5. Bersiwak (pokoknya bersih-bersih).

6. Di sunnahkan hadir di masjid pagi-pagi ketika mulai terbit fajar kecuali bagi Imam dan Khotib dan orang yang selalu berhadas. Imam di sunnahkan terakhir masuk masjid sampai waktu khutbah

7.  Ketika berjalan menuju Masjid harus tenang dan dengan tingkah yang baik, seperti menundukan pandangan, merendahkan suara, dan tidak melirik kesana-kemari.  Jika takut terlambat shalat jum'at, maka berlari-lari kecil menuju masjid.

8. Lebih utama hadir di masjid paling pertama.

9. Ketika masuk masjid di sunnahkan shalat Tahiyyatul masjid paling sedikit 2 raka'at, boleh 4 raka'at dengan satu salam, karena shalat tahiyyatul masjid itu dengan satu salam walaupun 100 raka'at. Jika mampu melaksanakan 4 raka'at, maka ptiap-tiap raka'at sesudah fatihah membaca surat Al-ikhlash 50x, di dalam khobar dijelaskan :"Barang siapa yang melaksanakan shalat tahiyyatul masjid seperti itu, maka tidak akan mati sebelum dia melihat tempatnya di syurga". Shalat tahiyyat ini juga di sunnahakan ketika masuk masjid dan imam sedang khutbah, hanya shalatnya yang ringan saja bacaannya jangan panjang-pangjang dan jangan lebih dari 2 raka'at, ini juga tergantung waktunya, jika kira-kira shalatnya bisa selesai sebelum khutbah selesai, maka disunnahkan shalat tahiyyat. Jika tidak cukup waktunya, takut ketika sedang shalat khutbah selesai dan Imam keburu Takbir Ihram, maka tidak di sunnahkan shalat tahiyyat. Dan jika tidak shalat tahiyyat maka tetap berdiri hingga shalat jum'at di dirikan (lihat Kitab Maraaqi Al-'Ubudiyyah hal : 55) Di dalam kitab Fathul Qorib juga di jelaskan :

ومن دخل والامام يخطب صلى ركعتين خفيفتين ثم يجلس

Dan barang siapa masuk masjid ketika Imam sedang khutbah, maka shalat lah 2 raka'at yang ringan kemudian duduk.

10. Di sunnahkan pula shalat sunnah Qobliyah jum'at ketika sudah masuk waktu jum'at (ini menurut madzhab Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah Ta'ala), menurut madzahab lain tidak di sunnahkan.

11.  Jangan ngobrol ketika sedang khutbah

12. Setelah selesai shalat jum'at bacalah Al-fatihah 7x, Al-ikhlash 7x, Al-Falaq 7x dan An-Naas 7x.

12. Baca juga :

اللهم باغني باحميد يامبدئ يامعيد يارحيم ياودود أغنني بحلالك عن حرامك وبطاعتك عن معصبتك وبفضلك عمن سواك

13. Di sunnahkan shalat sunnah ba'diyyah jum'at 2 raka'at atau 4 raka'at atau 6 raka'at (jika 4 atau 6 raka'at di lakukan 2 raka'at 2 raka'at, tiap 2 raka'at salam)

14. Memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW pada malam dan hari jum'at juga membaca surat Al-Kahfi.

Wallahu A'lam

0 Response to "ADAB JUM'AT"

Post a Comment