BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA

بسم الله الرحمن الرحيم

Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan kewajiban kita sebagai seorang anak, bahkan bukan saja kepada kedua orang tua, tetapi kepada kerabat, tetangga, sahabat dan kepada sesama manusia.

Berbuat baik kepada orang tua dengan cara menghormati dan memuliakan mereka, bertutur kata dan berperilaku  yang baik dan sopan, jangan membuat orang tua sakit hati, senantiasa membantu dan mendo’akan kebaikan untuk mereka, ta’at dan patuh kepada mereka kecuali jika mereka menyuruh berbuat ma’siat maka tidaklah wajib menta’ati mereka.

Perintah Allah supaya kita berbuat baik kepada orangtua Banyak dijelaskan di dalam Al-Quran di antaranya :


وقضى ربك الا تعبدوا الا اياه وبالوالدين احسانا اما يبلغن عندك الكبر احدهما او كلاهما فلا تفل لهما اف ولا تنهرهما وقل لهما قولا كريما . واخفض لهما جناح الذل من الرحمة وقل رب ارحمهما كما ربياني صغيرا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (QS. Al-Israa : 23-24)

ووصينا الانسان بوالديه حسنا وان جاهداك لتشرك بي ما ليس لك به علم فلا تطعهما الي مرجعكم فانبئكم بما كنتم تعملون

Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya. hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Al-‘Ankabut : 8)



ووصينا الانسان بوالديه حملته أمه وهنا على وهن وفصاله في عامين ان اشكر لي ولوالديك الى المصير

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun[1180]. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman : 14)

ووصينا الانسان بوالديه حملته أمه كرها ووضعته كرها وحمله وفصاله ثلاثون شهرا حتى اذا بلغ أشده وبلغ أربعين سنة قال رب أوزعني أن أشكر نعمتك التي أنعمت علي وعلى والدي وأن أعمل صالحا ترضه وأصلح لي في ذريتي اني تبت اليك واني من المسلمين

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila Dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri". (QS. Al-Ahqaaf : 15)

 واعبد الله ولا تشركوا به شيئاوبالوالدين احسانا وبذى القربى واليتمى والمساكين والجار ذى القربى والجار الجنب والصاحب بالجنب وابن السبيل وما ملكت أيمانكم ان الله لايحب من كان مختالا فخورا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. (QS. An-Nisaa : 36)

قال عبد الله بن مسعود رضي الله عنه : سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم : أي الاعمال أحب الى الله ؟ فقال : الصلاة لوقتها . قلت ثم أي ؟ ثال : بر الوالدين . قلت ثم أي ؟ قال الجهاد في سبيل الله

Telah berkata ‘Abdullah bin Mas’ud r.a : “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW : Amal apa saja yang paling di sukai Allah ? Rasul menjawab : Shalat pada waktunya. Aku berkata : apa lagi ? Rasul menjawab : Berbuat baik kepada kedua orang tua. Aku berkata : apa lagi ? Rasul menjawab : Berjihad di jalan Allah.

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : رضا الله في رضا الوالدين وسخطه في سخط الوالدين

Rasulullah SAW berkata : Rida Allah ada pada rida kedua orangtua, dan murka Allah ada pada murka kedua orang tua.

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ثلاث لا ينفع معهن عمل : الاشراك بالله وعقوق الوالدين والفرار يوم الزحف

Rasulullah SAW berkata : Amal tidak bermanfa’at jika di barengi 3 perkara : 1. Menyekutukan Allah, 2. Menyakiti kedua orang tua, 3. Kabur ketita dalam peperangan.

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أكبر الكبائر ثلاث : الاشراك بالله وعقوق الوالدين وشهادة الزور

Rasulullah SAW berkata : Dosa yang paling besar ada tiga : 1. Menyekutukan Allah, 2. Menyakiti kedua Orang tua, 3. Sumpah palsu.

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : بروا اباءكم يبركم أبناؤكم

Berbuat baiklah kalian kepada orang tua kalian, niscaya anak-anak kalian akan berbuat baik kepada kalian.

0 Response to "BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA"

Post a Comment