KEUTAMAAN MEMBACA SHALAWAT

بسم الله الرحمن الرحيم
Keutamaan Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW
Kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk senantiasa bershalawat kepadanya, membaca shalawat ini mempunyai keutamaan yang besar dan manfa'at yang banyak untuk di dunia dan akhirat. Di antaranya akan mendapat syafa'at dari Nabi Muhammad SAW.

Shalawat yang kita baca juga merupakan bentuk do'a kita kepada Allah, di dalam satu riwayat dari sayyidina 'Umar Bin Khattab, beliau bertanya kepada Rasulullah tentang menjadikan shalawat sebagian dari sepertiga do'anya, Rasul menjawab "Jika kamu tambah shalawatnya itu lebih utama", Sayyidina 'Umar bertanya lagi "jika saya jadikan shalawat sebagian dari dua pertiga doa'..? Rasul menjawab "Jika kamu tambah shalawatnya itu lebih utama".  Dan menjadikan semua shalawat sebagai do'a, maka Allah mencukupkan bagimu urusanmu di dunia dan akhirat.

Macam-macam shigath shalawat ini banyak sekali, terserah kita mau shalawat yang mana saja, yang penting dibarengi dengan niat yang ikhlas. Untuk shigat shalawat silakan bisa dilihat dalam kitab "Afdhalus Shalawat 'Ala Sayyidis Saadaat", perintah membaca shalawat ini ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur'an :


ان الله وملائكته يصلون على النبي ياايها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما

Sesungguhnya Allah SWT dan Malaikat-malaikatnya bershalawat atas Nabi Muhammad SAW. Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian atas Nabi Muhammad dan ucapkan salam penghormatan kepadanya (Al-Ahzab : 56).

Bershalawat dari Allah artinya Allah memberi Rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan, jika dari orang-orang mu'min  berarti berdo'a supaya diberi rahmat.

Rasulullah SAW bersabda :


من صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا

Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah bershalawat kepadanya 10x. (H.R. Muslim)

Rasulullah SAW bersabda :


 أولى الناس بي يوم القيامة اكثرهم علي صلاة

Manusia yang paling utama denganku pada hari kiamat ialah mereka yang banyak bershalawat kepadaku.

Rasulullah SAW bersabda :


البخيل من ذكرت عنده فلم يصل علي

Orang yang pelit adalah orang yang ketika disebut namaku, dia tidak membaca shalawat padaku.

Rasulullah SAW bersabda :


من صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشر صلوات ورفع له بها عشر درجات وكتب له بها عشر حسنات وحط بها عنه عشر خطيئات

Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah bershalawat kepadanya 10x, dan Allah mengangkatnya  10 darajat, dituliskan baginya 10 kebaikan dan dihapus 10 kesalahan.

Rasulullah SAW bersabda :


صلوا علي حيثما كنتم فان صلاتكم تيلغني

Bershalawatlah kalian kepadaku di manapun kalian berada, karena shalawat kalian sampai kepadaku.

Rasulullah SAW bersabda :


 من اكثر الصلاة علي أغناه الله تعالى غنى لا فقر بعده

Barang siapa yang memperbanyak shalawat kepadaku, maka Allah akan menjadikannya kaya, tidak akan faqir sesudahnya.


Banyak sekali hadis-hadis maupun qaul 'Ulama yang menjelaskan tentang fadilah shalawat ini, tapi saya tidak bisa menjelaskan semuanya karena panjang. Yang penting kita perbanyak bersahalawat kepada Nabi Muhammad SAW setiap hari terutama malam dan hari jum'at, mau 11 tiap selesai shalat silakan, mau 100 tiap hari juga bagus, atau berapa saja sekemampuan kita, yang penting terus menerus walaupun sedikit. Jangan lupa niatkan menjalankan perintah Allah dan ingin mendapat ridha-Nya, karena shalawat adalah perintah Allah SWT.

0 Response to "KEUTAMAAN MEMBACA SHALAWAT"

Post a Comment