PENGERTIAN TAQWA

بسم الله الرحمن الرحيم


PENGERTIAN TAQWA MENURUT PARA 'ULAMA


امتثال اوامر الله واجتناب نواهيه ظاهرا وباطنا مع استعشار التعطيم لله , والهيبة والخشية والرهبة من الله

Menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya dzohir bathin serta merasa bahwa keagungan itu adalah milik Allah, dan merasa takut terhadap-Nya.

DALIL TENTANG TAQWA

Banyak ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang taqwa, di antaranya yang sering diungkapkan ketika khutbah :


ياايها الذين امنوا اتقوا الله حق تقاته ولاتموتن الا وانتم مسلمون

Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kalian kepada Allah dengan taqwa yang sebenar-benarnya, dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama islam (QS. Ali-Imran : 102)

Sebagian 'Ulama tafsir mengatakan bahwa kalimat اتقوا الله حق تقاته ialah "Ta'at kepada Allah dan tidak pernah berma'siat terhadap-Nya, ingat kepada Allah dan tidak pernah melupakan-Nya, bersyukur kepada Allah dan tidak pernah kufur terhadap-Nya".

Tahukah kalian bahwa kita semua tidak akan mampu bertaqwa dengan sebenar-benarnya taqwa, walaupun kita punya sejuta jiwa sejuta umur yang semuanya itu dipakai untuk ta'at kepada Allah, tidak akan bisa untuk taqwa yang sebenar-benarnya. Dalam ayat lain Allah berfirman:


 فاتقوا الله ماستطعتم

Maka bertaqwalah kalian kepada Allah semampu kalian (QS) At-Taghaabun :16)

Sebagian 'Ulama berpendapat bahwa ayat pertama dinasakh oleh ayat yang kedua di atas.  Sebagian lagi berpendapat bahwa ayat kedua merupakan penjelasan dari ayat pertama di atas, dan pendapat kedua yang sahih. Jadi kita diperintah oleh Allah untuk bertaqwa semampu kita, yang penting terus bertaqwa walaupun tidak akan mampu untuk taqwa yang sebenar-benarnya.

Untuk lebih jelasnya Silahkan lihat Kitab Nashoihuddiniyyah

0 Response to "PENGERTIAN TAQWA"

Post a Comment