KUNCI SELAMAT DARI SIKSA KUBUR

بسم الله الرحمن الرحيم


قال الفقيه أبو الليث : من أراد أن ينجو من عذاب القبر فعليه أن يلازم أربعة أشياء ويجتنب أربعة أشياء . فاما الاربعة التي يلازمها : فمحافظة اللصلوات والصدقة وقراءة القران وكثرة التسبيح فان هذه الاشياء تضيئ القبر وتوسعه . واما الاربعة التي يجتنبها : الكذب والخيانة والنميمة والبول

Berkata Al-Faqih Abu Lais As-Samarqindiy : Barang siapa yang ingin selamat dari siksa kubur, maka wajib atasnya membiasakan 4 perkara dan menjauhi 4 perkara. Adapun 4 perkara yang mesti dibiasakan yaitu : Menjaga shalat Fardu 5 waktu, Shadaqah, Membaca Al-Qur'an dan memperbanyak baca tasbih. Maka sungguh yang empat ini akan menerangi dan meluaskan alam kubur. Dan adapun yang 4 perkara yang mesti dijauhi yaitu : Berbohong, Khianat, Mengadu-ngadu dan kencing (tidak bersuci sehabis kencing)

Ingin selamat dari siksa kubur lazimkanlah 4 perkara ini :

1. Menjaga Shalat  Fardu 5 Waktu. Ingat jangan sekali-kali meninggalkan shalat 5 waktu, dalam hadis dijelaskan bahwa amal yang pertama akan dihisab yaitu shalat, jika shalatnya baik maka seluruh amalnya baik pula, jika shalatnya rusak maka semua amalnya pun rusak. Dan shalat merupakan Ibadah badaniyah yang paling utama, shalat adalah kunci syurga.


2. Shadaqah, maka janganlah kita jadi orang yang pelit. Dalam hadis dikatakan bahwa orang yang Pelit jauh dari Allah, jauh dari manusia dan dekat dengan neraka. Sedangkan orang dermawan, yang mau shadaqah mau membantu orang lain, itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan syurga dan jauh dari neraka.


3. Membaca Al-Qur'an, biasakan baca Al-Qur'an setiap hari. Lihat artikel tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an.


4. Memperbanyak membaca Tasbih, paling tidak setiap selesai shalat jangan meninggalkan Tasbih 33x, Tahmid 33x, Takbir 33x dan juga Tahlil, ini pahalanya sangat besar sekali, tapi ingat kita beribadah jangan karena pahala, wajib karena Allah semata untuk mendapatkan Ridha-Nya. Dalam hadis dijelaskan barang siapa yang membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil setiap selesai shalat, maka Insya Allah akan diampuni dosa-dosanya. Memperbanyak tasbih juga bisa memberatkan timbangan amal kelak di hari kiamat.

Adapun 4 perkara yang mesti dijauhi yaitu :

1. Berbohong


2. Khianat, kedua sifat ini merupakan sebagian dari ciri-ciri orang munafiq


3. Mengadu-ngadu, menyebarkan fitnah.


4. Kencing, maksudnya sehabis kencing tidak bersuci atau bersuci tapi asal-asalan tidak sampai menghilangkan najis, bisa juga kencing sampai mengenai anggota badan atau pakaian dan tidak dibersihkan. Rasulullah SAW berkata : "Bersih-bersihlah kalian dari kencing, karena umumnya manusia disiksa di alam kubur karena sebab kencing. Dalam satu riwayat dari Ibnu 'Abbas R.A, beliau berkata : Rasulullah SAW melewati 2 kuburan yang masih baru, lalu Rasul berkata : "Sesungguhnya 2 orang dalam kubur ini sedang disiksa, yang satu disiksa karena tidak bersuci sehabis kencing, dan yang kedua suka mengadu-ngadu menyebar fitnah.

0 Response to "KUNCI SELAMAT DARI SIKSA KUBUR"

Post a Comment