SHALAT TASBIH

 بسم الله الرحمن الرحيم

Di dalam hadis dikatakan bahwa telah berkata Rasulullah SAW kepada pamannya Sayyidina 'Abbas R.A, sholat tasbihlah engkau setiap hari atau setiap jum'at  setiap bulan atau setiap tahun atau satu kali seumur hidup". Jadi intinya paling tidak satu kali seumur hidup disunnahkan melaksanakn sholat tasbih, lebih bagus setiap hari.

Jumlah sholat tasbih yaitu 4 raka'at, sebagian para "Ulama mengatakan, apabila sholat tersebut dilaksanakan pada waktu malam, maka sholatnya 2 raka'at 2 raka'at artinya 2 kali salam, dan apabila dilaksanakan siang hari maka 4 raka'at sekaligus artinya dengan satu salam dan satu tasyahhud tidak ada tasyahhud awwal karena hanya satu tasyahhud yang akhir saja.

Caranya:
Pertama kita ucapkan lafadz niat dulu yang diawali dengan bismillah tentunya.

lafad niat untuk yang 2 raka'at 2 raka'at

اصلي سنة التسبيح ركعتين مستقبل القبلة اداء لله تعالى الله اكبر

untuk yang 4 raka'at sekaligus

اصلي سنة التسبيح اربع ركعات مستقبل القبلة اداء لله تعالى الله اكبر

Perlu diingat ketika lisan mengucapkan takbir ihram, maka wajib dibarengi niat di dalam hati, karena lafadz yang di atas itu bukan niat tapi lafadz niat yang diucapkan dengan lisan, sedangkan niat itu di dalam hati

Untuk niat sholat tasbih seperti ini: "saya berniat sholat sunnat tasbih 2 raka'at (untuk yang 2 raka'at 2 raka'at) lillaahi ta'ala". Untuk yang empat raka'at sekaligus tinggal ganti saja 4 raka'at lillahi ta'ala.

Oke selanjutnya, setelah takbir ihram yang disertai niat, kemudian baca do'a iftitah seperti biasa, terus baca tasbih 15x, baca fatihah dan surat, tasbih lagi 10x kemudian ruku' dan tasbih lagi 10x, i'tidal baca tasbih 10x, sujud tasbih 10x, duduk antara dua sujud tasbih 10x, sujud lagi tasbih 10x dan seterusnya, tiap sebelum fatihah tasbihnya 15x.

Bacaan tasbihnya:


سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر

Boleh ditambahkan


لاحول ولا قوة الا بالله العلي العضيم

Dan untuk Surat yang dibaca setelah fatihah pada raka'at pertama "surat Attakasur", raka'at kedua "Al-'Ashr/wal-'ashri, raka'at ketiga "Al-kafirun", dan raka'at keempat "Al-Ikhlash".

Kalau ada yang tidak hafal boleh surat apa saja.

Telah berkata para 'Ulama, bahwa bacaan dzikir yang biasa dibaca ketika ruku', i'tidal, sujud, dan duduk antara dua sujud, dzikir itu hendaklah dibaca seperti biasa, barulah membaca tasbih yang di atas. Untuk tiap raka'at jumlah tasbihnya 75x, jadi empat raka'at  300x tasbih.

Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment