HAL-HAL YANG MEMBATALKAN PAHALA PUASA

بسم الله الرحمن الرحيم

Allah SWT telah mewajibkan puasa ramadhan selama sebulan dalam satu tahun kepada seluruh kaum muslimin. Tahukah kalian dari sekian banyak kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan hanya sebatas menahan lapar dan dahaga saja, puasanya tidak mempunyai nilai apa-apa di hadapan Allah SWT, apakah kita termasuk orang seperti itu? Mari kita lihat puasa seperti apa yang kita laksanakan. Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan :

كم من صائم ليس له من صيامه الا الجوع والعطش

Tidak sedikit dari orang yang berpuasa yang tidak ada baginya dari puasanya itu melainkan hanya lapar dan dahaga saja.

Lalu mengapa bisa seperti itu? Kita cari jawabannya dari hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari sayyidina Anas RA :

قال رسو ل الله صلى الله عليه وسلم : خمسة أشياء تحبط الصوم : الكذب والغيبة والنميمة واليمين الغموس والنظر بشهوة

Rasulullah SAW berkata : Ada lima perkara yang bisa membatalkan pahala puasa, 1. Berbohong, 2. menceritakan keburukan orang lain (ghibah), 3. mengadu domba (memfitnah) agar terjadi prmusuhan di antara orang lain, 4. sumpah palsu, 5. melihat dengan syahwat.

Itulah lima perkara yang dapat membatalkan pahala puasa. Kita berpuasa tetapi masih suka berkata bohong, menceritakan keburukan orang lain, bisa jadi puasanya tetap sah asal tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkannya, tetapi pahalanya hilang karena tidak bisa menjaga anggota badan dari perbuatan dosa selama berpuasa. Inilah yang dikatakan oleh Rasulullah banyak orang berpuasa hanya lapar dan dahaga saja.

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment