KEUTAMAAN SEDEKAH

بسم الله الرحمن الرحيم


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : البخيل بعيد من الله بعيد من الجنة بعيد من الناس قريب من النار والسخي قريب من الله قريب من الجنة قريب من الناس بعيد من النار

Rasulullah SAW berkata : Orang yang kikir/pelit itu jauh dari Allah, jauh dari syurga, jauh dari manusia, dekat dari neraka. Dan orang yang dermawan/suka memberi itu dekat dari Allah, dekat dari syurga dekat dari manusia, jauh dari neraka 

Keutamaan Sedekah
 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : حصنوا أموالكم بالزكاة وداووا مرضاكم بالصدقة وأعدوا للبلاء بالدعاء

Rasulullah SAW berkata : Jagalah harta kalian dengan mengeluarkan zakat, obatilah yang sakit dari kalian dengan bersedekah, dan persiapkan diri kalian untuk mengahadapi cobaan dengan berdo'a

Sedekah ada yang wajib ada pula yang tathawwu’ (sunnah), yang wajib yaitu mengeluarkan zakat sebagaimana Allah telah jelaskan dalam Al-qur'an surat At-Taubah ayat 103, sedangkan yang sunnah yaitu selain zakat yang diwajibkan.


Sedekah sunnah tidak terpaku hanya dengan memberikan harta benda semata, jika kita punya harta yang lebih, bersedekahlah dengan  harta tersebut, jika tidak punya harta hanya punya tenaga, bersedekahlah dengan tenaga yang sekiranya bisa membantu meringankan beban orang lain, atau kita punya ilmu, maka wajib meng'amalkannya, dan yang lebih baik tentu dengan kesemuanya itu, ingat pesan Rasulullah SAW 


خصلتان لا شيئ أفضل منهما : الايمان بالله والنفع للمسلمين

Ada 2 hal paling utama yang tidak ada yang melebihi keutamaan dari pada 2 hal tersebut, pertama beriman kepada Allah dan kedua memberi manfa’at kepada kaum muslimin, dengan harta atau tenaga ataupun ilmu pengetahuan yang ia miliki.


وخصلتان لا شيئ أخبث أي أنجس منهما الشرك بالله والضر للمسلمين

Dan  ada 2 hal paling kotor (najis) yang tidak ada yang melebihi kenajisan dari pada 2 hal tersebut, yaitu menyekutukan Allah dan membuat mudharat terhadap kaum muslimin.

Ucapan yang baik pun merupakan sedekah, perhatikan sabda Nabi SAW :


من استطاع منكم ان يتقي النار فليتصدق ولو بشق تمرة فمن لم يجد فبكلمة طيبة 

Barang siapa yang sanggup diantara kalian menjaga dari api neraka, maka bersedekahlah walau hanya dengan separo kurma. Maka apabila tidak punya hendaklah dengan berkata dengan perkataan yang baik (HR. Ahmad dan Muslim)

Bersedakah dengan memberikan harta juga harus disertai dengan kata-kata yang baik. Ingat, pahala sedekah bisa hilang karena kita berkata tidak baik kepada orang yang menerimanya, menghina dengan mengeluarkan perkataan yang menyakitkan si penerima bisa menghancurkan pahala sedekah, jadi bersedekahlah disertai ucapan yang baik dan santun..!

Sedekah bisa menolak 70 pintu keburukan

Sedekah bisa memadamkan murka Allah


ان الصدقة تطفئ غضب الرب وتدفع ميتة السوء

ٍSesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak akibat jelek (HR. Tirmidzi)

Imam Abu Lais As-Samarkidy dalam kitabnya menjelaskan :

Ada Lima hal yang terpuji (kebaikan) di dunia dan lima di akhirat bagi orang yang bersedekah

Di dunia

Pertama : Sedekah dapat membersihkan Harta.
Kedua : Sedekah dapat membersihkan badan dari dosa.
Ketiga : Sedekah dapat menolak musibah dan penyakit.
Keempat : Sedekah itu membuat senang hati orang miskin, dan orang yang membuat senang hati orang miskin adalah orang yang paling utama.

Kelima : Sedekah dapat membuat harta kita jadi berkah dan diberi keluasan rizki.

Di akhirat

Pertama : Sedekah akan menaungi orang yang bersedekah nanti di akhirat.
Kedua : Sedekah dapat meringankan hisab pada hari kiamat.
Ketiga : Sedekah dapat memberatkan timbangan amal kebaikan.
Keempat : Sedekah dapat mempermudah ketika menyeberangi shirat.
Kelima : Sedekah menambah derajat di syurga.

Itulah balasan yang baik bagi orang yang gemar sedekah, lalu bagaimana jika ada orang non-islam yang dermawan, apakah Allah membalas kebaikannya??? Iya, tapi hanya didunia saja, sedangkan di akhirat tidak mendapatkan apa-apa karena mereka bukan mu'min muslim, sedangkan bagi orang yang beriman mereka mendapat kebaikan di dunia dan akhirat nanti.

Perlu diingat..! sedekah tidak akan membuat kita jadi miskin, sedekah tidak akan membuat harta berkurang, bahkan akan bertambah dan bertambah. Justru orang yang kikir akan celaka, ingat kisah Qarun dan Tsa'labah.! Oleh karena itu marilah perbanyak sedekah selagi kita mampu.

Wallahu A'lam.

0 Response to "KEUTAMAAN SEDEKAH"

Post a Comment