MELUNAKKAN HATI YANG KERAS

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebagaimana saya katakan dalam artikel 6 perkara yang dapat menghancurkan pahala amal di antaranya berhati keras. Lantas bagaimana supaya hati kita lunak?

Rasulullah SAW bersabda :


أتحب أن يلين قلبك وتدرك حاجتك : ارحم اليتيم وامسح رأسه وأطعمه من طعامك , يلن قلبك وتدرك حاجتك

Apakah engkau senang bila hatimu lunak dan terkabul apa yang engkau harapkan ? Kasihanilah anak yatim, usaplah kepalanya dan berilah ia makan dari makananmu, nisacaya hatimu lunka dan terkabul apa yang engkau harapkan. (HR. Ath-Thabrani).

Berikut saya ambil juga keterangan dari suatu kitab yang di karang oleh Syeikh 'Abdul Wahhab Asy-sya'roni yang bernama "Mukhtashshor Tadzkirotul-Qurtuby". Bunyinya begini :


 واعلموا ايها الاخوان أن القلب القاسي يلين ان شاء الله تعالى بامور : منها زيارة القبور وحضور مجالس الوعظ من العلماء والصالحين وسماع أخبار من مضى من العباد والزهاد . ومنها ذكر الموت الذي هو هاذم اللذات

Ketahuilah oleh kalian wahai saudaraku...! Sesungguhnya hati yang keras Insya Allah  bisa lunak dengan beberapa hal

Pertama : Dengan berziarah ke kubur.

Berziarah ke kubur bukan minta-minta kepada orang yang sudah mati, tapi kita mendo'akan mereka agar diampuni segala kesalahannya dan diberi rahmat oleh Allah SWT, dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Qur'an. Dengan ziarah tersebut agar jadi peringatan kepada kita bahwa suatu saat nanti kita akan sama seperti mereka masuk ke alam kubur, jadi harus ada bekal yaitu amal shalih. Rasulullah SAW pernah berkata :


كنت نهينكم عن زيارة القبور فزوروها فانها تزهد في الدنيا وتذكر الأخرة

(Dulu) aku melarang ziarah kubur, (tapi sekarang) ziarahlah kalian, karena ziarah kubur itu bisa menjadikanmu zuhud dalam urusan dunia dan bisa menjadikan kamu mengingat akhirat.

Kedua : Sering menghadiri majlis wa'dli (majlis ilmu, tempat orang memberikan nasihat-nasihat yang baik) dari golongan 'Ulama dan orang-orang shalih. Artinya bergaullah dengan para 'Ulama dan orang-orang shalih agar kita ikut jadi orang baik. Bergaul dengan 'Ulama akan menambah ilmu dan amal.

Ketiga : Sering mendengarkan kisah-kisah orang terdahulu dari hamba Allah dan ahli zuhud agar jadi tauladan buat kita.

Keempat : Dengan mengingat mati.

Memperbanyak membaca Al-qur'an dan qiyamul lail juga Insya Allah bisa melunakkan hati yang keras.

0 Response to "MELUNAKKAN HATI YANG KERAS"

Post a Comment