KEUTAMAAN MEMBACA BISMILLAH

Keutamaan Membaca Basmalah
Basmalah merupakan ayat pertama dari surat Al-fatihah, barang siapa yang ketika membaca Al-fatihah dalam shalat tidak membaca Basmalah, maka tidak sah shalatnya (menurut Madzhab Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah), karena Imam Asy-Syafi'i menghitung Al-fatihah 7 ayat yang ayat pertamanya adalah Bismillahrrahmanirrahim.

Allah SWT menurunkan Kitab kepada Nabi dan Rasul itu sebanyak 104 kitab. Ma'na-ma'na seluruh kitab tersebut itu dikumpulkan di dalam Al-qur'an, dan ma'na-ma'na Al-qur'an itu dikumpulkan di dalam surat Al-fatihah, dan ma'na-ma'na surat Al-fatihah dikumpulkan di dalam Basmalah, dan ma'na-ma'na Basmalah itu dikumpulkan di dalam huruf "BA" Basmalah.

Membaca Bismillah untuk memulai pekerjaan yang mempunyai nilai kebaikan sangat dianjurkan, Rasulullah SAW berkata :

كل امر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو أبتر

Setiap sesuatu yang baik yang tidak diawali dengan membaca Bismillahirrahmanirahim maka kurang berkah (sedikit keberkahannya).

Oleh karenanya jika kita mau memulai sesuatu yang bernilai kebaikan, maka awalilah dengan membaca Bismillah terlebih dahulu, seperti kita mau wudu, Shalat, berdo'a, makan, minum dan lain sebagainya. Apabila kita lupa membaca Bismillah di awal dan ketika tengah-tengah kita baru ingat, maka ucapkanlah :

بسم الله على أوله وأخره

Membaca Bismillah sebanyak 21x sebelum tidur, sebagimana para 'Ulama kita mengatakan :

اذا تلاها شخس عند النوم احدى وعشرين مرة أمن تلك الليلة من الشيطان وأمن من بيته من السرقة وأمن من موت الفجأة وغير ذلك من البلايا

Apabila seseorang membaca Bismillah ketika hendak tidur sebanyak 21x, maka dia diamankan dari syetan pada malam tersebut, aman dari pencuri dan mati mendadak, dan aman dari semua musibah.

Jumlah huruf Bismillah itu ada 19, jumlah Malaikat Zabaniyah (Malaikat penjaga neraka) juga ada 19, maka barang siapa yang membacanya tidak akan masuk neraka. Demikian dikatakan oleh Al-Manawy dalam syarahnya Al-kabir 'alal-Jami'ish shagir.

Saya tidak bisa menuliskan lebih banyak tentang fadhilah Basmalah ini, karena sangat banyak dan sangat banyak keberkahannya, terutama dalam kitab-kitab Hikmah yang banyak memuat tentang keutamaan dan khasiat Bismillah. Yang jelas Bismillah merupakan ayat Al-qur'an yang agung, dan kita harus membiasakan membacanya sebelum memulai sesuatu yang baik.

Sebagai penutup saya tulisakan hikayat sebagaimana ditulisakan oleh 'Ulama kita Syekh Nawawi Al-bantany dalam syarah kitab 'uqudulujjain:

Dahulu ada seorang wanita shalihah yang mempunyai suami yang munafiq, wanita tersebut suka membiasakan membaca Basmalah ketika memulai sesuatu. Suatu saat suami tersebut berkata "Aku akan melakukan sesuatu yang akan membuat isteriku malu". Si suami lantas memberikan shurroh (dompet atau kantong uang) kepada sang isteri sambil berkata "Jagalah shurroh ini", kemudian sang isteri pun menyimpannya di satu tempat (wadah) yang terkunci dan isterinya pun sudah tidak ingat akan shurroh tersebut. ketika itu sang suami mengambil shurrah dan melemparkannya ke dalam sumur yang ada di rumahnya, kemudian sang suami meminta shurroh tersebut kepada sang isteri, si isteri pun lantas mengambilnya dan sebelum mengambil mengucapkan Basmalah, dan ternyata shuroh sudah ada di tempatnya semula, sang suami pun kaget, karena awalnya shurroh itu sudah dibuang oleh suami ke dalam sumur, tapi manakala isterinya mengambil ternyata shurroh sudah ada di tempat semula, kejadian ini membuat suami sadar akan kemunafikannya dan akhirnya bertobat kepada Allah SWT. Inilah salah satu keberkahan dari membiasakan membaca Bismillah. Ketika sang isteri membaca Basmalah, Allah telah memerintahkan malaikat untuk mengembalikan shurroh itu ke tempat semula.

Dalam hikayat lain diceritakan : Dahulu ada seorang 'Ulama shaleh yang sakit amat sangat parah, dokter pun tak sanggup mengobatinya. Sang 'Ulama pun sering bertafakkur karena penyakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh, hingga akhirnya "ulama tersebut memperbanyak membaca Bismillah dengan bilangan yang tak terhitung, semampunya membaca Bismillah, sampai akhirnya Allah SWT menyembuhkannnya karena berkah dia memperbanyak membaca Bismillah.

Wallahu A'lam. 

No comments:

Post a Comment