SHALAT SAKARATUL MAUT

بسم الله الرحمن الرحيم

Sakaratul maut berasal dari dua kata, yaitu Sakarat yang artinya Mabuk, sedangkan maut yaitu mati. Ketika orang sedang mabuk tentu tidak akan ingat apa-apa, begitu pun manusia ketika menghadapi mati sudah tidak ingat apa-apa, kecuali orang yang mendapat pertolongan Allah, dia akan mati dengan mengingat Allah dan mati Husnul Khatimah. Setiap orang yang akan mati tentu akan sekarat sebelum menghembuskan nafas terakhir, dan akan merasakan bagaimana rasanya mati.

Tahukah anda bahwa mati itu sangat menyakitkan, kecuali bagi orang yang mati dengan mendapat rahmat dan rido Allah, dikatakan dalam sebuah hadis

ان الموت أشد من ضرب السيوف ونشر الماشير وقرض المقارض

Sesungguhnya Mati itu lebih sakit dari pada dipukul dengan pedang, lebih sakit dari pada digergaji dan lebih sakit dari pada di gunting.


Kenapa mati itu sangat menyakitkan??? Karena mati adalah bagian dari siksa akhirat

شدة الموت من عذاب الأخرة وعذاب الأخرة أشد من عذاب الدنيا

Sakitnya mati itu adalah bagian dari siksa akhirat, dan siksa akhirat lebih sakit dari pada siksa dunia.


Makanya ketika setiap selesai shalat kita selalu memohon kepada Allah agar diringankan ketika sakaratul maut dan disunnahkan shalat sunnah supaya dimudahkan ketika mati.

Shalat ini 2 raka'at dilakukan malam jum'at antara Magrib dan 'Isya, tiap-tiap raka'at setelah Fatihah membaca surat Al-Ikhlas 3x.

Wallahu A'lam.

1 Response to "SHALAT SAKARATUL MAUT"

  1. Trimakasih,semoga ilmunya bermanfaat bagi kita semua,dan dijadikan sebagai amal kebaikan

    ReplyDelete