SHALAT TAHIYYATUL MASJID

بسم الله الرحمن الرحيم

Shalat sunnah Tahiyyatul Masjid dilakukan untuk menghormati Masjid yang merupakan tempat ibadah kaum Muslimin. Shalat ini dilakukan ketika kita memasuki masjid selain Masjidil Haram, jika kita memasuki Masjidil Haram untuk Thawaf, maka yang lebih utama thawaf terlebih dahulu kemudian shalat 2 raka'at dengan niat shalat thawaf dan shalat tahiyyatul masjid berbarengan.

MAKRUH hukumya shalat Tahiyyatul Masjid ketika kita masuk masjid sementara shalat fardu akan dimulai.

MAKRUH shalat tahiyaatul masjid jika kita MENYANGKA bahwa waktu shalat fardu akan habis kalau shalat tahiyyatul masjid terlebih dahulu.

HARAM hukumnya shalat tahiyyatul masjid jika kita YAKIN akan tertinggal shalat fardu karena habis waktunya jika melakukan shalat tahiyyat terlebih dahulu.

Shalat tahiyyatul masjid ini paling sedikit 2 raka'at, surat boleh apa saja yang kita hafal, boleh juga dilakukan 4 raka'at dengan satu salam, karena shalat tahiyyatul masjid itu dengan satu salam walaupun 100 raka'at. Jika mampu melaksanakan 4 raka'at, maka tiap-tiap raka'at sesudah fatihah membaca surat Al-ikhlash 50x, di dalam khobar dijelaskan :"Barang siapa yang melaksanakan shalat tahiyyatul masjid seperti itu, maka tidak akan mati sebelum dia melihat tempatnya di syurga". 

Shalat tahiyyat ini juga disunnahakan ketika masuk masjid dan imam sedang khutbah jum'at, hanya shalatnya yang ringan saja bacaannya jangan yang panjang-panjang dan jangan lebih dari 2 raka'at, ini juga tergantung waktunya, sekiranya shalatnya bisa selesai sebelum khutbah selesai, maka disunnahkan shalat tahiyyat. Jika tidak cukup waktu karena khutbah segera berakhir, takut ketika sedang shalat kemudian khutbah selesai dan Imam keburu Takbir Ihram, maka tidak disunnahkan shalat tahiyyat, akan tetapi dianjurkan tetap berdiri hingga didirikannya shalat (lihat Kitab Maraaqi Al-'Ubudiyyah hal : 55).

Di dalam kitab Fathul Qorib juga dijelaskan :

ومن دخل والامام يخطب صلى ركعتين خفيفتين ثم يجلس

Dan barang siapa masuk masjid ketika Imam sedang khutbah, maka shalatlah 2 raka'at yang ringan kemudian duduk.

Wallahu A'lam 

0 Response to "SHALAT TAHIYYATUL MASJID"

Post a Comment