SYARAT SAH SHALAT

بسم الله الرحمن الرحيم

Syarat sah Shalat ada 8 :

1. Suci dari hadas kecil dan hadas besar (dari junub, haid dan nifas), bersuci dari hadas kecil dengan berwudu, bersuci dari hadas besar dengan mandi.
2. Pakaian, badan dan tempat harus suci, juga setiap barang yang terbawa shalat harus suci.
3. Menutup aurat, untuk laki-laki yang wajib di tutupi ialah dari pusar hingga lutut (wajib tertutup semua lututnya), dan untuk perempuan wajib tertutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Bahkan di luar shalat pun wanita wajib tertutup auratnya kecuali wajah dan telapak tangannya.  Tidak sah shalat jika memakai pakaian yang tipis hingga kelihatan kulit tubuhnya.
4. Menghadap kiblat (dengan menghadapkan dadanya bukan wajahnya untuk orang yang shalat berdiri ataupun duduk ketika berdiri dan duduk, bagi yang shalatnya berbaring hadapkanlah wajahnya ke arah kiblat)
5. Sudah masuk waktu shalat. Maka tidak sah shalat di luar waktunya, kecuali orang yang meng-qodo shalat, karena meng-qodo itu harus sesegera mungkin dan tidak ditentukan waktunya.

ان الصلاة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا

Sesungguhnya shalat itu adalah fardu yang telah ditentukan waktunya untuk semua orang yang beriman (An-Nisa : 102)

6. Mengetahui kefarduan shalat. Bagi orang yang shalat wajib tahu rukun/fardu shalat.
7. Jangan meng-i'tiqadkan yang fardu menjadi sunnah. Oleh karena itu bagi yang belum tahu rukun, sunnah dan pembatalan shalat supaya belajar, agar shalatnya beres terpelihara. Bukan hanya tentang shalat saja, tapi mari kita bersama-sama belajar ilmu agama. Karena ibadah tanpa di dasari dengan ilmu maka ibadahnya mardud.
8. Menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan shalat

Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment