SYARAT SUJUD DAN ANGGOTA SUJUD

بسم الله الرحمن الرحيم

Syarat sujud yang pertama : sujud wajib menggunakan 7 anggota sujud.

kedua : Dahi wajib terbuka ketika sujud, tidak boleh ada yang menghalangi dahi walaupun sehelai rambut. Bagi laki-laki wajib diperhatikan ketika memakai peci jangan sampai dahinya terhalang peci ketika sujud, makanya pecinya harus diangkat ke atas sedikit agar dahinya tidak terhalang. Untuk perempuan juga sama jangan sampai dahinya terhalang mukena atau kerudung ketika sujud, dan perlu diperhatikan juga untuk perempuan yang pakai mukena yang tipis, jangan sampai rambutnya ada yang keluar (moncor), karena biasanya walaupun pake mukena yang agak tebal terkadang suka ada rambut yang kelihatan keluar dari mukena, oleh karena itu untuk jaga-jaga lebih baik di double pakai ciput atau kerudung dulu baru pakai mukena supaya rambut tidak keluar.

Ketiga : Ketika sujud jangan menahan beban beratnya kepala (seberatnya kepada jangan ditahan).

Keempat : Jangan menurunkan kepala dan badan selain untuk sujud, jadi kalau belum sujud tetap berdiri tegak.

Kelima : Tidak boleh sujud kepada sesuatu yang bergerak, misalnya untuk laki-laki yang pakai sorban jangan sampai ketika sujud dahinya mengenai sorban dan tidak langsung ke tempat sujud, ini tidak sah. Untuk perempuan juga sama dahinya jangan terhalang mukena ketika sujud, atau terkadang suka ada yang sujud ke telapak tangan bagian belakang, ini juga tidak sah. Jadi intinya ketika sujud dahinya harus langsung menyentuh tempat sujud tidak boleh terhalang oleh sesuatu apapun baik yang kecil ataupun yang besar baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Jika ketika sujud pertama terasa ada sesuatu yang nempel ke dahi dikarenakan mungkin tempat sujudnya kurang bersih, maka untuk sujud kedua kalinya harus di buang dulu sesuatu yang nempel tersebut.

Keenam :  Ketika sujud posisi pantat harus lebih atas/tinggi dari pada kepala, jadi jangan sampai posisi kepala dan pantat sama rendahnya.

Ketujuh : Tuma'ninah ketika sujud. Lihat artikel TUMA"NINAH 

Anggota Sujud

1. Dahi
2. Dua telapak tangan
3. Dua lutul
4. Telapak jari-jari dua kaki

Wallahu A'lam
 

0 Response to "SYARAT SUJUD DAN ANGGOTA SUJUD"

Post a Comment