KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagian I-2


Pernikahan Abdullah Dengan Aminah Dan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Abdullah adalah salah seorang anak Abdul Muthalib yang paling dicintai, setelah dewasa (usia 18 tahun), Abdul Muthalib menikahkannya dengan Aminah binti Wahab bin Abdi Manaf bin Zuhroh bin Kilab, Aminah merupakan wanita quraisy yang paling utama nasab dan kedudukannya.

1. Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada malam senin tepatnya di waktu subuh, tanggal 12 Rabi'ul Awwal tahun gajah yang bertepatan dengan bulan april tahun 571 masehi. Beliau dilahirkan di rumah Abu Thalib di kampung Syi'ib yaitu perkmpungan Bani Hasyim, dan yang bertindak sebagai bidannya adalah Ummu 'Abdurrahman bin 'Auf.

2. Hari lahir Nabi SAW dinamai tahun gajah karena seorang raja Habsyah mengutus tentaranya untuk menghancurkan Ka'bah pada hari kelahiran Nabi SAW, dan tentara tersebut datang dengan mengendarai gajah (pasukan bergajah). Akan tetapi Allah SWT menghancurkan pasukan tersebut karena memuliakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

3. Ketika Nabi Muhammad SAW masih dalam kandungan Ibunya (usia kandungan 2 bulan), Ayahnya wafat pada usia 18 tahun sepulang berdagang dari Negeri Syam dan di makamkan di Madinah di tempat paman-paman dari pihak ibunya yaitu Bani 'Addi bin Najjar, beliau wafat tidak meninggalkan harta sedikitpun.

4. Setelah Nabi Muhammad SAW lahir, yang pertama kali menyusuinya adalah Ibunya selama 3 hari, setelah Ibunya yaitu Tsuwaibah Al-aslamiyah seorang pelayan Abu Lahab paman Nabi SAW, lalu disusui lagi oleh Halimah Sa'diyah (Halimah binti Abu Dzuaib As-sa'diyah) isteri Abu Kabsyah. Ini adalah kebiasaan bangsa Arab yang biasa menyusukan anak-nya kepada wanita yang berada di desa, diharapkan supaya anak tersebut menjadi anak mulia.

5. Keberkahan senantiasa meliputi keluarga tempat Muhammad disusui. Halimah sa'diyah mengurus Nabi SAW hingga usia 4 tahun.