4 PENYEBAB GELAP DAN TERANGNYA HATI

بسم الله الرحمن الرحيم

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال : أربعة من ظلمة القلب بطن شبعان من غير مبالاة وصحبة الظالمين ونسيان الذنوب الماضية وطول الامل وأربعة من نور القلب بطن جائع من حذر وصحبة الصالحين وحفظ الذنوب الماضية وقصر الامل

Dari 'Abdullah bin Mas'ud RA, beliau berkata : 4 hal yang menjadi penyebab hati menjadi gelap :

1. Perut yang terlalu kenyang
2. Berteman dengan orang yang dzalim (jahat)
3. Suka melupakan dosa yang telah dilakukan
4. Panjang angan-angan (banyak berkhayal)

Dan 4 hal yang dapat menerangi hati :

1. Perut yang lapar, karena mendorong untuk bangun malam (beribadah pada waktu malam/qiyamul-lail) dan menimbulkan rasa takut kepada Allah
2. Berteman dengan orang yang saleh
3. Memelihara dosa yang telah lampau (maksudnya ingat terhadap dosa yang telah dilakukan disertai penyesalan dan tidak akan mengulanginya lagi)
4. Tidak banyak berkhayal

Perut yang terlalu kenyang menjadikan seseorang banyak tidur dan malas beribadah, hal inilah yang paling ditakutkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabdanya :


أخشى ما خشيت على أمتي : كبر البطن ومداومة الننوم والكسل وضعف اليقين

Yang paling Aku takutkan atas umatku adalah : 1. perut besar (maksudnya banyak makan, karena perut besar belum tentu banyak makan, karena banyak orang yang perutnya besar tapi rajin berpuasa sunnah), 2. Banyak tidur (karena yang banyak makan pasti banyak tidur), 3. Malas (orang yang banyak makan dan tidur tentu menjadikan seseorang malas), 4. Lemah keyakinannya. (HR. Ad-Daruqutni)

Banyak berkhayal ini juga sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Rasulullah SAW :


ان أشد ما أتخوف عليكم خصلتان : اتباع الهوى وطول الامل فأما اتباع الهوى فانه يعدل عن الحق وأما طول الامل فالحب للدنيا

Sesungguhnya sesuatu yang sangat aku khawatirkan atas kalian ialah 2 hal : yaitu menikuti kehendak nafsu dan banyak berkhayal. Mengikuti kehendak nafsu sebenarnya menjauhi kebenaran, adapun banyaknya lamunan mendorong seseorang cinta dunia. (HR. Ibnu Abid-dunya).

No comments:

Post a Comment