MANUSIA TERBAGI MENJADI EMPAT BAGIAN

بسم الله الرحمن الرحيم

Menurut Syekh Abdul Qadir al-Jailany, manusia itu terbagi ke dalam 4 bagian

1. Orang yang tak berlisan dan tidak berhati, yaitu orang yang durhaka. Maka hati-hatilah jangan sampai engkau seperti mereka.

2. Orang yang berlisan tapi tidak berhati, sehingga ia berbicara dengan hikmah (ilmu dan kata-kata mutiara) tapi tidak mengamalkannya. Dia mengajak manusia beriman dan beramal saleh serta taqwa kepada Allah, sementara dia sendiri menjauhi Allah. Maka jauhilah mereka supaya kamu tidak tertipu oleh keindahan perkataan mereka yang bisa membuatmu terbakar oleh kemaksiatan atau terbunuh oleh kebusukan hati mereka.

3. Orang yang memiliki hati tapi tidak memiliki lisan, yaitu Mu'min yang pandangannya ditutupi oleh Allah dari kejelekan makhluq-Nya dan Allah memperlihatkan aib dirinya, hatinya terang serta pandai bergaul. Orang ini termasuk Wali Allah. Maka bergaullah engkau dengannya, niscaya Allah mencintaimu.

4. Orang yang belajar dan mengajar serta mengamalkan ilmunya. Dia mengetahui tanda-tanda kebesaran Allah dan Allah melapangkan dadanya untuk siap menerima macam-macam ilmu. Karenanya, dekatilah dia untuk meminta nasihat kepadanya.

Nasihat Dari Kitab Nashaihul-'ibad

No comments:

Post a Comment