10 MANUSIA TIDAK AKAN MASUK SURGA KECUALI BERTAUBAT

بسم الله الرحمن الرحيم

من عمل سيئة فلا يجزى الا مثلها ومن عمل صالحا من ذكر او انثى وهو مؤمن فأولئك يدخلون الجنة يرزقون فيها بعير حساب بغير حساب

Barangsiapa yang berbuat keburukan, maka dia tidak akan dibalas melainkan sebanding dengan keburukan itu. Dan barangsiapa yang berbuat amal saleh baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tanpa hisab (Al-Mu'min : 40)


Semua manusia tentu ingin masuk surga, tapi surga bukanlah sebuah tujuan akhir dari kehidupan, tujuan seorang muslim yang beriman tiada lain hanya untuk mendapat Ridha dari Allah. Jika Allah ridha, apapun pasti akan Allah berikan kepada kita, yang pada akhirnya Allah akan memasukkan kita ke dalam surga-Nya. Lalu bagaimana supaya Allah ridha kepada kita? jawabannya tentu kita harus mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Jadi bagi orang yang beriman dan beramal saleh pasti masuk surga, dan bagi orang yang kufur dan beramal salah tentu masuk neraka, seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Mu'min di atas.

Namun ada beberapa orang yang oleh Rasul dikatakan bahwa mereka tidak akan masuk surga. Ibnu 'Abbas menuturkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ada 10 golongan dari umatku yang tidak akan masuk surga kecuali orang yang taubat.

1. Al Qolla
2. Al Jayyuf
3. Qottat
4. Daibub
5. Dayyus
6. Sohibul 'Arthobah
7. Sohibul Qubah
8. Al 'Utul
9. Zanim
10. Orang yang durhaka kepada kedua orang tua

Nabi SAW ditanya, "Yaa Rasulullah, siapakah Qolla itu? Nabi menjawab, " Orang yang suka mondar-mandir di antara para pemimpin untuk memberikan laporan palsu."

Nabi ditanya lagi, "Apakah yang dimaksud dengan Jayyuf? Nabi menjawab, "Jayyut adalah orang yang suka menggali kuburan untuk mencuri kain kaffan dan sebagainya."

Nabi ditanya, "Apakah Qottat itu? Nabi menjawab, "Qottat adalah Orang yang suka mengadu domba.

Nabi ditanya lagi, "Apakah Daibub itu? Nabi menjawab "Daibub adalah germo.

Nabi ditanya, "Apakah Dayyus itu? Nabi menjawab, "Dayyus ialah suami yang tidak memilki rasa cemburu terhadap keluarganya (isterinya, anak perempuannya, saudara perempuannya)."

Nabi ditanya, "Apakah Sohibul 'Arthobah itu? Nabi menjawab, "Sohibul Atrobah ialah Pemukul gendang besar."

Nabi ditanya, "Apakah Sohibul Kubah itu? Nabi menjawab, "Sohibul Kubah ialah Pemukul gendang kecil (tambur)."

Nabi ditanya, "Apakah Al 'Utul itu? Nabi menjawab. "Al 'Utul ialah Orang yang tidak mau mema'afkan orang lain atas kesalahannya dan tidak mau menerima alasannya, dialah orang yang sombong.

Nabi ditanya, "Apakah Zanim itu?, Nabi menjawab. "Zanim adalah orang yang dilahirkan dari hasil perzinaan, diam di tepian jalan dan suka menggunjing orang lain.

Dan terakhir yaitu Al-'Aq ialah orang yang durhaka kepada kedua orang tua.

Pengertian lain dari Dayyus ialah suami yang membiarkan keburukan di keluarganya. Misalnya anak atau isteri meninggalkan kewajiban sebagai seorang muslim atau berbuat ma'siat, sementara suaminya membiarkannya. Itulah laki-laki dayyus.

No comments:

Post a Comment