BAHAGIA DAN CELAKA KARENA 5 HAL

بسم الله الرحمن الرحيم

Muhammad bin Dauri mengatakan bahwa Iblis itu celaka karena 5 hal :

1. Tidak suka mengakui dosa
2. Tidak pernah menyesal
3. Tidak suka mencela dirinya
4. Tidak punya niat untuk bertobat
5. Putus asa dari rahmat Allah.

Dan Nabi Adam bahagia karena 5 hal :

1. Suka mengakui dosanya
2. Menyesali dosanya
3. Mencela dirinya sendiri
4. Segera bertobat
5. Tidak putus asa dari rahmat Allah 

Ingat ketika Iblis membantah perintah Allah, dengan sombongnya Iblis berkata kepada Allah "Aku lebih baik daripada Adam, engkau ciptakan aku dari api sedangkan Adam diciptakan dari tanah. Iblis tidak merasa dirinya salah, tidak pernah menyesali akan kesalahannya dan tidak mau bertobat. Bahkan dalam sebuah kitab dijelaskan, kelak di hari kiamat setiap 1000 tahun Iblis akan dikeluarkan oleh Allah dari neraka, dan Nabi Adam dikeluarkan dari surga, mereka berdua dipertemukan oleh Allah, dan Allah menyuruh Iblis untuk sujud kepada Nabi Adam, jika Iblis bersedia, maka Iblis beserta semua penghuni neraka akan dikeluarkan oleh Allah dari neraka, akan tetapi Iblis tidak mau, dia tetap sombong dan membantah perintah Allah.

Berbeda dengan Nabi Adam AS, ketika beliau diturunkan oleh Allah ke dunia, beliau segera bertobat meminta mapunan kepada Allah, mengakui kesalahannya serta menyesalinya. Dan Do'a yang di baca oleh Nabi Adam as sebagaimana kita suka membacanya ketika selesai shalat

ربنا طلمنا أنفسنا وان لم تغفرلنا وترحمنا لنكونن من الخسرين

Wahai Tuhanku, aku telah berbuat jahat terhadap diriku, dan jika engkau tidak mengampuni dan memberi rahmat kepdaku, tentu aku termasuk dari golongan orang-orang yang rugi. 

0 Response to "BAHAGIA DAN CELAKA KARENA 5 HAL"

Post a Comment