DA'WAH NABI MUHAMMAD SAW SECARA SEMBUNYI-SEMBUNYI

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagian 2
Materi 3

1. Nabi Muhammad SAW memulai da'wah secara sembunyi-sembunyi setelah turun ayat Al-qur'an surat Al-Muddasir 1-7 yang artinya : Wahai orang yang berselimut, bangunlah lalu berilah peringatan, dan Tuhanmu agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah, dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak, dan untuk (memenuhi perintah) Tuhan-mu bersabarlah (Al-Muddasir :1-7)

2. Beliau menyeru keluarganya dan sahabat-sahabat beliau yang percaya kepadanya, mereka (sahabat-sahabat) yang meyakini kebenaran Nabi Muhammad SAW.

3. Nabi SAW mengajak mereka beribadah kepada Allah yang Esa, saling mengasihi sesama manusia, menjaga persatuan dan meninggalkan peperangan (permusuhan).

4. Dan sungguh Nabi SAW berda'wah secara sembunyi-sembunyi karena khawatir dari sergapan manusia karena sesuatu yang mereka belum ketahui dan belum mendengar.

Nabi Muhammad SAW berda'wah secara sembunyi-sembunyi dimulai kepada keluarga dan sahabat-sahabat yang bisa dipercaya yang bisa menerima ajakan Nabi (ajaran Islam yang dibawa Nabi), belum mengajak kepada selain keluarga dan sahabat, karena ada kekhawatiran mereka tidak akan menerima ajakan Nabi sehingga menimbulkan masalah yang sulit.

No comments:

Post a Comment