KESEMPURNAAN SHALAT

بسم الله الرحمن الرحيم

Pada artikel kali ini saya tidak akan panjang lebar menulis mengenai shalat, karena sudah banyak artikel tentang shalat yang sudah saya tulis, artikel ini hanya menambahkan saja atas kekurangan artikel yang sudah ditulis.

Untuk menyempurnakan ibadah shalat kita, ada 12 perkara yang harus dipenuhi.

1. Ilmu
Semua ibadah yang kita lakukan tentu membutuhkan ilmu pengetahuan sesuai dengan ibadah yang kita lakukan. Untuk shalat kita harus tahu ilmunya dan termasuk ilmu tentang bersuci, karena kalaupun kita faham mengenai ilmu shalat, tapi tidak tahu tentang bersuci, bisa jadi shalat tidak sah karena bersucinya tidak benar. Rasulullah SAW pernah berkata : Amal yang sedikit disertai dengan ilmunya lebih baik daripada amal yang banyak tidak disertai ilmu.
2. Wudu
Tentu saja wudu ini menjadi penyempurna shalat, karena wudu merupakan salah satu syarat sebelum melaksanakan shalat. Dalam hal ini Rasul berkata,"Tidak sah shalat kecuali dengan bersuci (suci dari hadas kecil dengan wudu, suci dari hadas besar dengan mandi dan suci badan, pakaian dan tempat dari najis)".
3. Memakai Pakaian
Karena tidak mungkin kita shalat sambil telanjang, karena memakai pakain/menutup aurat merupakan salah satu syarat sah shalat. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-A'raf ayat 31, "Pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid", artinya pakailah pakaian ketika setiap hendak shalat, yang lebih utama memakai pakaian yang paling bagus karena kita akan menghadap Tuhan yang Maha Agung, dan paling penting tentu pakainnya yang suci.
4. Menjaga waktu
Allah SWT berfirman,"Sesungguhnya shalat itu difardukan atas semua orang yang beriman pada waktu yang telah ditentukan"(QS. An-Nisaa : 102). Karena shalat itu sudah jelas waktu pelaksanaanya, artinya kita shalat tepat pada waktunya.
5. Menghadap Kiblat
Menghadap kiblat yaitu menghadap ka'bah, ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur'an,'Hadapkanlah wajahmu ke arah Masjid Haram".
6. Niat
Niat di dalam hati diwajibkan di setiap ibadah, karena Rasulullah SAW berkata,"Sesungguhnya Amal-amalan sah (jika) disertai dengan niat. Niat shalat dibarengkan dengan Takbir Ihram.
7. Takbir Ihram
Takbir pertama yang diucapkan dan di dalam hati berniat.
8. Berdiri
Shalat wajib dilakukan dengan berdiri jika mampu, jika tidak mampu boleh sambil duduk. Berdiri juga dilakukan ketika bangun dari ruku' (i'tidal berikut tuma'ninah)
9. Membaca Fatihah.
Karena shalat tidak sah jika tidak membaca Fatihah, dan jangan lupa juga membaca surat setelah fatihah
10. Ruku' (berikut tuma'ninah)
11. Sujud (berikut tuma'ninah)
12. Duduk (duduk antara dua sujud berikut tuma'ninah, duduk taysahhud yang di dalamnya ada bacaan tasyahhud dan shalawat sebagai rukun)

Sebagai penutup dari kesempurnaan shalat ialah Ikhlas dan khusyu'.

Kesimpulan
Shalat bisa sempurna jika shalat tersebut memenuhi syarat dan rukunnya dan disertai dengan pengetahuan tentang syarat-syarat, rukun-rukun, pembatalan dan sunnah-sunnah shalat juga tentang bersuci. Semua itu sudah saya tulis artikelnya.

Wallahu A'lam

0 Response to "KESEMPURNAAN SHALAT"

Post a Comment