KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

بسم الله الرحمن الرحيم
Keutamaan Bulan Suci Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, di mana pada bulan tersebut Allah mewajibkan puasa selama 1 bulan kepada orang-orang yang beriman.

ياايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa (Al-Baqoroh : 183)

Rasulullah SAW bersabda


من فرح بدخول رمضان حرم الله جسده على النيران

Barangsiapa merasa gembira karena masuknya bulan ramadhan, maka Allah haramkan jasadnya masuk neraka.

Pada bulan ramadhan terdapat banyak fadilah atau keutamaan yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu karena banyaknya, hanya beberapa poin saja yang saya tulis dalam artikel ini, semoga bermanfa'at.

1. Pada bulan ramadhan adalah bulan permulaan diturunkannya Al-Qur'an, sebagaimana dalam Al-Qur'an dikatakan :

شهر رمضان الذي أنزل فيه القران هدى للتاس وبينات من الهدى والفرقان

Bulan ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil (Al-Baqoroh : 185)

2. Orang yang berpuasa ramadhan diampuni dosa-dosanya, sabda Rasulullah SAW :


من صام رمضان ايمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena beriman dan mengharap Ridha Allah, maka diampuni dosanya yang telah lalu.

الصلوات الخمس والجمعة الى الجمعة ورمضان الى رمضان مكفرات لما بينهن اذا اجتنبت الكبائر (رواه مسلم واحمد والترمذي)

SHALAT lima waktu, jum’at hingga jum’at, dan romadon ke romadon, merupakan penebus dosa-dosa yang terjadi di waktu itu, jika dia menjauhi dosa-dosa yang besar. (HR. Muslim)


Maksudnya shalat 5 waktu, Shalat Jum'at dan Puasa Ramadhan  menjadi penebus dosa-dosa kecil yang terjadi antara shalat ke shalat. Saya katakan dosa kecil karena dalam hadis tersebut ada kalimat “jika dia meninggalkan dosa-dosa besar”, itu artinya hanya menghapus dosa kecil, karena kalau dosa besar untuk membersihkannya harus dengan jalan bertaubat dengan memenuhi syarat-syaratnya. Jika berbuat dosa karena meninggalkan kewajiban seperti shalat 5 waktu atau puasa ramadhan, maka wajib bertaubat dan meng-Qodo shalat-shalatnya yang ditinggalkan serta puasanya.


3. Surga merindukan orang yang berpuasa ramadhan, Rasulullah SAW bersabda :

الجنة مشتاقة الى اربعة نفر : تال القران وحافظ اللسان ومطعم الجيعان والصائمين في شهر رمضان

Surga merindukan 4 golongan, yaitu : Orang yang senantiasa membaca Al-qur'an, orang yang suka menjaga lisan, orang yang suka memberi makan kepada orang yang kelaparan dan orang yang berpuasa di bulan ramadhan.

4. Semua makhluq memintakan ampunan kepada Allah untuk orang-orang yang berpuasa ramadhan, Sabda rasulullah SAW yang artinya :

Apabila telah datang tanggal bulan ramadhan, maka berkata Arasy, Kursy, Malaikat-malaikat dan semua yang ada di bawahnya, "Kebahagiaan bagi umat Nabi Muhammad SAW karena sesuatu yang ada di sisi Allah, bagi mereka (umat muhammad) diberikan kemuliaan dan memintakan ampunan untuk mereka yaitu matahari, bulan, bintang-bintang, burung-burung di angkasa, ikan di dalam air dan semua makhluk yang bernyawa yang ada di atas bumi pada waktu malam dan siang (semua memintakan ampunan kepada Allah untuk umat Nabi SAW) kecuali Syetan la'natullah 'alaihim. Ketika umat Nabi Muhammad SAW memasuki waktu subuh, Allah tidak akan membiarkan mereka kecuali Allah mengampuni dosanya. Dan Allah berkata kepada malaikat-malaikatnya, "Jadikanlah shalat dan tasbih kalian pada bulan ramadhan untuk umat Nabi Muhammad SAW.

5. Pahala amal kebaikan dilipat gandakan pada bulan ramadhan, karena ramadhan merupakan bulan taubat, bulan berkah dan bulan turunnya rahmat. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya :

Apabila salah seorang bangun dari tidur pada bulan ramadhan, dia menggerakkan badan  ketika di atas kasur dan membalikkannya dari samping ke samping, maka malaikat berkata, "Semoga Allah memberkahimu dan memberikan rahmat kepadamu". Apabila dia berdiri dengan niat akan menunaikan shalat, maka tempat tidurnya berdo'a seraya berkata,"Ya Allah berikanlah tempat tidur-tempat tidur yang diluhurkan untuknya". Apabila memakai pakaian, maka pakaianpun mendo'akan seraya berkata,"Ya Allah berikanlah kepadanya perhiasa-perhiasan surga. Apabila dia memakai kedua sandalnya, sandalpun mendoa'akannya seraya berkata,"Ya Allah tetapkanlah kedua kainya di atas sirat (jembatan pada hari kiamat). Apabila dia mengambil wadah air, maka itupun mendo'akannya seraya berkata,"Ya Allah berikanlah gelas-gelas surga kepadanya. Apabila dia berwudu, maka air wudu mendoa'akannya seraya berkata,"Ya Allah bersihkan dia dari dosa-dosa dan kesalahan-kesalahannya. Apabila dia berdiri untuk menunaikan shalat, maka rumahnya berdo'a seraya berkata,"Ya Allah luaskanlah kuburnya, berikan dia caya di dalamnya dan tambahkan rahmat untuknya". Allah SWT akan memperhatikannya dengan perhatian yang penuh kasih sayang dan Allah berkata kepadanya,"Wahai hambaku darimu do'a dan dariku ijabahnya, darimu permintaan dan dariku pemberian, darimu permintaan ampunan dan dariku pemberian ampunan.

6. Keutamaan mencari ilmu pada bulan ramadhan, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Barangsiapa yang mengahdiri majlis ilmu (tempat menuntut ilmu/pengajian) pada bulan ramadhan, maka Allah menuliskan baginya ibadah satu tahun di setiap langkahnya dan kelak dia bersamaku di bawah 'Arasy. Dan barangsiapa yang senantiasa shalat berjama'ah pada bulan ramadhan, maka Allah akan memberikannya untuk setiap raka'at yaitu kota yang dipenuhi dengan ni'mat-ni'mat dari Allah (di surga nanti). Dan barangsiapa yang berbuat kebaikan kepada kedua orang tuanya pada bulan ramadhan, maka Allah memberikan perhatian yang penuh kasih sayang kepadanya, dan aku yang akan bertanggung jawab di surga nati. Dan tiada satupun wanita yang mencari rido suami pada bulan ramadhan kecuali dia diberikan pahala Siti Maryam dan Asiyah. Dan barangsiapa yang menunaikan kebutuhan saudaranya yang muslim pada bulan ramadhan, maka Allah akan menunaikan 1000 kebutuhan baginya pada hari kiamat. 

7. Lima perkara yang diberikan Allah khusus kepada umat Nabi muhammad SAW yang berpuasa ramadhan, dalam sebuah hadis dikatakan :

Umatku diberikan 5 perkara yang tidak pernah diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu : 1. Apabila datang malam pertama bulan ramadhan, Allah melihat mereka (umat muhammad) dengan penglihatan yang penuh kasih sayang, dan barangsiapa yang dilihat Allah dengan kasih sayang, maka Allah tidak akan menyiksanya. 2. Allah memerintahkan kepada para malaikat untuk senantiasa memintakan ampunan kepada-Nya untuk mereka. 3. Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi daripada minyak misik. 4. Allah berkata kepada surga,"jadikanlah perhiasan-perhiasanmu (bagi umat Muhammad yang berpuasa ramadhan) dan Allah berkata,"kebahagiaan bagi hamba-hambaku yang beriman, merekalah kekasih-kekasihku. 5. Allah mengampuni dosa mereka.

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment