RAJA HABSYAH MASUK ISLAM

بسم الله الرحمن الرحيم

Artikel lanjutan
Bagian 2-16

1. Ketika kaum Quraisy mengetahui orang-orang muslim hijrah ke Habsyah, mereka (quraisy) mengutus dua orang dengan membawa banyak hadiah kepada raja Habsyah agar menolak orang-orang Islam yang hijrah ke Habsyah.

2. Tapi raja Habsyah enggan memenuhi permintaan kaum Quraisy setelah Ja'far bin Abi Thalib mengabarkan kepada Raja Habsyah tentang kebenaran agama Islam dan membacakan awal surat maryam.

3. Dua orang utusan kaum Quraisy tadi kembali dengan usahanya yang gagal, dan pada waktu itu (tahun ke 7 dari kenabian) Raja Habsyah, para Pendeta (Nasrani) dan para rahib masuk Islam.

4. Maka Allah menurunkan Al-qur'an surat Al-Maidah ayat 82 yang menerangkan hak mereka, yang artinya : "Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata : "Sesungguhnya kami ini orang nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka (nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib. Dan sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri".  

5. Kemudian Raja Habsyah wafat, maka Rasulullah SAW menyalatkannya setelah mendapat kabar dari malaikat Jibril bahwa raja habsyah telah wafat, dan inilah awal-mula shalat jenazah gaib.

-Dua orang utusan kaum quraisy bernama 'Amar bin 'Ash dan 'Ammarah bin Walid.
-Raja Habsyah bernama "Najasyi"

0 Response to "RAJA HABSYAH MASUK ISLAM"

Post a Comment