27 NASIHAT DALAM KITAB TAURAT

بسم الله الرحمن الرحيم

Di dalam kitab Taurat tertulis 27 nasihat sebagai berikut :

1. Barangsiapa yang menyediakan perbekalan di dunia (untuk di akhirat nanti) maka di hari kiamat nanti dia menjadi kekasih Allah.
2. Barangsiapa yang meninggalkan kemarahan, maka dia akan bertetangga dengan Allah.
3. Barangsiapa yang meninggalkan cinta akan kehidupan duniawi, maka di hari kiamat dia akan aman/selamat.
4. Barangsiapa yang meninggalkan hasud, maka di hari kiamat dia akan menjadi orang yang terhormat.
5. Barangsiapa yang meninggalkan cinta akan kedudukan di dunia, maka di hari kiamat dia akan menjadi orang yang mulia di sisi Tuhan yang Maha Perkasa.
6. Barangsiapa yang meninggalkan hal-hal yang berlebihan, maka dia akan menjadi orang yang baik di tengah-tengah orang-orang yang baik.
7. Barangsiapa yang meninggalkan permusuhan di dunia, maka di hari kiamat dia termasuk golongan orang-orang yang berbahagia.
8. Barangsiapa yang meninggalkan kekikiran di dunia, maka dia akan disebut-sebut namanya di kalangan manusia.
9. Barangsiapa yang meninggalkan kesenangan dunia, maka di hari kiamat dia akan senang.
10. Barangsiapa yang meninggalkan hal-hal yang diharamkan, maka di hari kiamat dia akan bertetangga dengan para Nabi.
11. Barangsiap yang meninggalkan penglihatan yang haram, maka Allah akan memberikan kegembiraan di dalam surga, dan barangsiapa yang meninggalkan kekayaan dunia serta memilih kefakiran, maka Allah akan membangunkan mereka di hari kiamat nanti bersama para wali dan para Nabi.
12. Barangsiapa yang memenuhi kebutuhan manusia di dunia, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya di dunia dan akhirat.
13. Barangsiapa yang berkeinginan di kuburnya nanti merasa ada teman, hendaklah dia bangun di tengah malam yang kelam kemudian shalat sunnah (tahajjud) walaupun hanya 2 raka'at.
14. Barangsiapa yang ingin berada di bawah naungan 'Arasy Allah yang bersifat Rahman, maka hendaklah dia hidup zuhud/sederhana.
15. Barangsiapa yang ingin agar keadaan hisabnya itu mudah, hendaklah dia suka menasihati dirinya sendiri dan saudara-saudaranya.
16. Barangsiapa yang ingin dikunjungi malaikat-malaikat, hendakalah dia hirup Wara'.
17. Barangsiapa yang ingin berada di tengah-tengah surga, hendaklah dia berdzikir kepada Allah malam dan siang.
18. Barangsiapa yang ingin agar masuk surga tanpa dihisab, hendaklah dia bertobat kepada Allah dengan taubatan nasuha.
19. Barangsiapa yang ingin menjadi orang kaya, hendaklah dia selalu senang dengan apa yang telah Allah berikan kepadanya dan kepada orang lain, berupa harta, kedudukan dan sebagainya.
20. Barangsiapa yang ingin mengerti bahwa dia bersama Allah, hendaklah dia khusyu'
21. Barangsiapa yang ingin menjadi seorang hakim, hendaklah dia jadi seorang 'ulama (pandai).
22. Barangsiapa yang ingin aman dari kejahatan manusia, maka jangan menceritakan keburukan orang lain, kecuali kebaikannya, dan hendaklah mengambil pelajaran dari apa dan untuk apa dia diciptakan?.
23. Barangsiapa yang ingin memperoleh kemuliaan di dunia dan akhirat, hendaklah dia memilih kepentingan akhirat di atas kepentingan duniawi.
24. Barangsiapa yang ingin masuk surga Firdaus dan merasakan keni'matannya yang tidak akan rusak, maka jangan menghabiskan umurnya di dalam kerusakan dunia.
25. Barangsiapa yang ingin mendapatkan surga dunia dan surga akhirat, hendaklah dia menjadi orang yang banyak memberi (dermawan), karena orang yang banyak memberi dekat dengan surga dan jauh dari neraka.
26. Barangsiapa yang ingin agar Allah memberi cahaya di dalam hatinya, maka hendaklah dia bertafakkur dan suka mengambil pelajaran darinya.
27. Barangsiapa yang ingin memiliki badan yang sabar, lisan yang suka berdzikir dan hati yang khusyu', maka dia harus memperbanyak memohonkan ampunan bagi kaum mu'minin dan mu'minat.

Note
Nabi Muhammad SAw bersabda yang artinya :

1. Orang yang gagah bukan karena dia dapat merobohkan musuh, tapi sesungguhnya orang yang gagah adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya ketika emosi.

2. Barangsiapa yang dapat menahan emosi, maka Allah menahan siksaannya.

3. Jauhilah olehmu sifat hasud, karena sesungguhnya anak Adam (Qabil dan Habil) salah satunya membunuh yang lainnya adalah karena hasud.

4. Tidak akan dapat berkumpul iman dan kikir di dalam hati orang yang beriman selamanya (HR. Abu Sa'id).

5. Tidak ada penyakit yang lebih berbahaya kecuali penyakit kikir.

6. Barangsiapa yang memenuhi kebutuhan saudaranya yang islam, maka baginya disediakan pahala seperti orang yang menyembah Allah seumur hidupnya.

7. Barangsiapa yang memenuhi kebutuhan saudaranya yang islam, maka dia memperoleh pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh.

8. Cucilah 4 perkara dengan 4 perkara yang lain, yaitu :
a). Cucilah wajahmu dengan air matamu
b). cucilah Lisanmu dengan dzikir
c). Cucilah hatimu dengan rasa takut kepada Tuhanmu
d). Cucilah dosamu dengan tobat kepada Allah

9. Orang yang pemurah lebih dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga dan jauh dari neraka. Adapun orang yang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat dengan neraka. Orang yang bodoh tapi pemurah lebih dicintai Allah daripada orang yang ahli ibadah tapi kikir.

10. Barangsiapa yang memintakan ampunan kepada Allah untuk orang-orang mu'minin dan mu'minat, maka Allah akan menuliskan baginya setiap orang mu'min dan mu'minat satu kebaikan.

11. Barangsiapa yang memintakan ampunan bagi orang-orang mu'min laki-laki dan mu'min perempuan setiap hari 27 kali, maka dia termasuk bagian dari orang-orang yang do'anya diterima Allah dan penduduk bumi diberi rezeki oleh Allah karena mereka.

0 Response to "27 NASIHAT DALAM KITAB TAURAT"

Post a Comment