NAMA-NAMA KETURUNAN IBLIS

بسم الله الرحمن الرحيم

Sayidina Umar RA berkata, "Sesungguhnya anak-anak Iblis itu ada 9", yaitu :

1. Setan Zalitun yang suka menggoda penghuni pasar dalam jual-beli. Dia memancangkan bendera dusta, menipu, membujuk, merayu, bersumpah dan mengurangi timbangan.
2. Setan Wasin disebut setan musibah yang menggoda manusia ketika mendapat musibah, dia (manusia) suka berteriak, menampar pipi dan sebagainya ketika mendapat musibah (maksudnya setan yang menggoda supaya manusia tidak sabar dalam menghadapi musibah dengan melakukan hal-hal seperti di atas)
3. Setan A'wan yang suka menggoda raja/pemimpin supaya berbuat dzolim
4. Setan Haffaf menggoda manusia supaya memiun minuman keras
5. Setan Murroh bergerak di bidang musik (seruling)
6. Setan Laqus menggoda agar manusia menyembah api
7. Setan Masuth ialah penyebar berita bohong lewat lisan-lisan manusia
8. Setan Dasim berada di dalam rumah seseorang yang apabila masuk rumah tidak mengucapkan salam dan tidak suka menyebut nama Allah. Dia mendorong adanya permusuhan dalam keluarga sehingga terjadi perceraian suami-isteri, khulu', pukul-memukul dan sebagainya
9. Setan Walhan yang selalu menggoda manusia ketika berwudu, shalat dan ibadah-ibadah yang lain.

NOTE
Ada sebagian Ulama yang mengatakan bahwa setan penghuni pasar ini namanya "Zalanbur". Di dalam kamus bahwa amalan setan Zalanbur ialah suka memisahkan laki-laki dan keluarganya serta memperlihatkan aib keluarganya.

Dikatakan bahwa setan Laqis dan Walhan yang suka menggoda manusia ketika berwudu dan shalat.

Ada juga setan A'war yang menggoda manusia agar berbuat zina.

Setan Wasnan (setan tidur) yang memberatkan kepala dan alis manusia supaya malas mendirikan shalat dan yang lainnya (bawaanya ingin tidur, tidak mau shalat, di pengajian bawaannya ngantuk). Dan ketika bangun dia mEndorong manusia agar berbuat keburukan seperti zina dan sebagainya.

Setan Abyad yang menggoda para Nabi dan para Wali, tentu para Nabi selamat dari godaan setan Abyad karena Nabi sifatnya ma'shum (terpelihara dari dosa), sedangkan para wali, mereka selalu berjuang melawan godaan setan.

Setan To'am, menggoda manusia agar tidak meyebut nama Allah ketika makan, minum, tidur, masuk rumah dan memakai pakaian.

Setan Walhan yang suka menggoda manusia ketika berwudu disebut juga setan Muwaswis (yang mewas-waskan), mempermainkan manusia dengan menggunakan banyak air untuk berwudU ataupun membuat manusia berwudu selalu diulang dan diulang karena waswas. Adapun setan yang menggoda manusia ketika shalat disebut juga setan Khonzab.

2 comments: