PERISTIWA BERSEJARAH PADA HARI SENIN

بسم الله الرحمن الرحيم

Lanjutan dari artikel sebelumnya tentang peristiwa pada hari minggu. Artikel kali ini membahas tentang peristiwa bersejarah pada hari senin, masih lanjutan dari hadis yang diriwayatkan oeh Anas bin Malik.

Berikut Rinciannya :

1. Nabi Idris as Naik Ke Langit. 

Hal ini dijelaskan Allah dalam Al-Qur'an surat Maryam ayat 56-57 yang artinya :

"Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al-qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

2. Perjalanan Nabi Musa Ke Gunung Tursina 

Dalam surat Al-A'raf ayat 143, artinya :

"Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa; "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman; " Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) nisacaya kamu dapat melihat-Ku". Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musapun jatuh pingsan . Maka setelah Musa sadar kembali , dia berkata; "Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman".

Para Ahli Tafsir mengatakan bahwa yang nampak oleh gunung itu ialah kebesaran dan kekuasaan Allah, dan ada pula yang menafsirkan bahwa yang nampak itu adalah Nur Allah. Bagaimanapun juga nampaknya Tuhan itu bukanlah nampak seperti makhluk, hanyalah nampak yang sesuai sifat-sifat Tuhan yang tidak dapat diukur dengan ukuran manusia.

3. Turunnya Dalil Bahwa Allah Itu Maha Esa. 

Firman Allah SWT dalam surat An-Nahl ayat 51 yang artinya: 

"Allah berfirman : "Janganlah kamu menyembah dua Tuhan; sesungguhnya Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa, maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut".

4. Nabi Muhammad SAW Dilahirkan.

Ketika Nabi Muhammad SAW dilahirkan sudah tampak 7 mu'jizat beliau :
a. Umumnya wanita yang mengandung itu merasa kesulitan dan kesusahan, akan tetapi Ibu yang mengandung Nabi Muhammad SAW tidaklah merasakan seperti umumnya wanita yang sedang mengandung.
b. Umumnya wanita merasakan derita ketika melahirkan anak, tapi ini tidak terjadi kepada Ibunda Nabi Muhammad SAW ketika melahirkan beliau.
c. Ketika Nabi Saw dilahirkan, telungkup dalam keadaan sujud kepada Allah SWT dan berkata dalam sujudnya : "Ummatii Ummatii (umatku-umatku)".
d. Nabi dilahirkan sudah dalam keadaan dikhitan.
e. Setan terhalang tidak bisa naik ke langit ketika Nabi Muhammad SAW lahir, padahal umumnya ketika ada anak lahir, setan naik ke langit untuk mendengarkan pembicaraan Malaikat.
f. Ketika salahsatu puting susu Halimah Sa'diyah diletakkan di mulut Nabi Muhammad SAW, air susunya langsung mengalir, padahal sebelumnya tidak mengalir. (Halimah Sa'diyah ialah wanita yang menyusui Nabi Muammad SAW)
g. Ketika Nabi lahir, keluarlah suara dari 4 sudut Ka'bah yang berbunyi :
1). Katakanlah ! Sungguh telah datang kebenaran dan kebathilan tidak akan kembali lagi.
2). Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa oleh penderitaanmu.
3). Sungguh telah datang kepadamu dari Allah yaitu cahaya (Nabi dan Kitab Al-Qur'an yang nyata).
4). Wahai Nabi ! Sesungguhnya Kami mengutus engkau sebagai saksi, pembawa berita gembira dan peringatan. 

5. Pertama kali Malaikat Jibril Turun Menemui Rasulullah SAW

6. Pengangkatan Amal Ummat Atas Rasulullah SAW

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW berkata :

"Hidupku kebaikan bagi kalian, wafatku kebaikan bagi kalian", sahabat bertanya : "Kami tahu hidupmu kebaikan bagi kami, namun bagaimana wafatmu menjadi kebaikan bagi kami ?", Rasulullah SAW menjawab : "Hidupku menjadi kebaikan bagi kalian selama aku mengajak kalian kepada Allah dengan hikmah dan mau'idzoh hasanah, dan wafatku jadi kebaikan bagi kalian karena amal kalian diangkat padaku pada hari senin dan kamis. Maka apa yang aku lihat dari kebaikan, aku bergembira, dan apa yang aku lihat dari keburukan, maka aku memintakan ampunan kepada Allah untuk kalian.

7. Nabi Muhammad SAW Wafat

Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment