YANG MEMBATALKAN WUDHU

بسم الله الرحمن الرحيم

Ada beberapa hal yang dapat membatalkan wudhu, di dalam kitab-kitab Fiqh ada yang merinci empat, lima dan bahkan enam, tapi pada intinya semua sama, kita jelaskan saja yang empat agar singkat.

1. Ada sesuatu yang keluar dari Qubul (lubang kemaluan) atau dari Dubur (lubang belakang), baik yang keluar itu benda cair atau benda padat ataupun udara kecuali keluar air mani tidak membatalkan wudhu, karena air mani menurut madzhab Imam Asy-Syafi'i hukumnya suci. Sesuatu yang keluar selain air mani berarti itu hadas kecil yang dapat membatalkan wudhu, sedangkan keluar mani itu berarti hadas besar yang mewajibkan mandi. Dan setiap yang keluar dari Qubul atau dubur berupa benda cair atau benda padat selain air mani adalah najis.

2. Hilang akal karena gila atau ayan atau mabuk atau tidur. Mengantuk tidak membatalkan wudhu, ciri orang yang mengantuk ialah masih bisa mendengar suara walaupun tidak faham. Bagi orang yang tidur sambil duduk yang pantatnya tidak berubah tidaklah membatalkan wudhu, apabila orang yang tidur sambil duduk kemudian bangun dan pantatnya sudah ngangkat/berubah maka wudhunya batal.

3. Menyentuh kemaluan atau dubur manusia dengan telapak tangan, baik kemaluan atau dubur sendiri maupun orang lain, wanita atau laki-laki, baik anak kecil atau dewasa, orang yang hidup atau mati, disengaja atau tidak, dengan syahwat ataupun tidak, semua sama dapat membatalkan wudhu. 

4. Persentuhan kulit laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dan tanpa penghalang, baik disengaja atau tidak, bersentuhannya dengan orang mati atau hidup, dengan syahwat atau tidak, semua sama dapat membatalkan wudhu.

Wallahu A'lam

0 Response to "YANG MEMBATALKAN WUDHU"

Post a Comment