KEUTAMAAN AYAT KURSI

بسم الله الرحمن الرحيم

Keutamaan Ayat Kursi
Ketika ayat kursi diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak 70 ribu malaikat menyertainya karena mengagungkan ayat kursi, banyak sekali keutamaan dan khasiat dari ayat kursi, dalam suatu hadis dikatakan :

اعظم اية في القران اية الكرسي
من قرأ اية الكرسي عقب كل صلاة لم يمنعه من دخول الجنة الا الموت

Ayat yang paling agung di dalam Al-qur'an ialah ayat kursi. Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali mati.

Dalam satu riwayat dikatakan :

من قرأ ها عند النوم لم يقر به شيطان تلك الليلة

Barangsiapa yang membaca ayat kursi ketika akan tidur, maka setan tidak akan menetap dengannya pada malam itu.

Apabila kita akan tidur maka setanpun ikut tidur bersama kita jika tidak berdo'a sebelum tidur, atau ketika akan makan setan juga ikut makan, sama halnya jika pasangan suami isteri berhungan jika tidak diawali dengan berdo'a maka setanpun ikut menggauli, makanya paling tidak berdo'a dengan mengucapkan Bismillah terlebih dahulu.

Keutamaan Ayat Kursi
1. Barangsiapa yang membacanya setiap selesai shalat lima waktu, maka dia dipelihara hingga datang waktu shalat yang lain, dan tidak ada yang membiasakan membaca ayat kursi kecuali Nabi, Orang-orang yang benar dan para Syuhada.
2. Barang siapa yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka dia dijaga dua malaikat hingga waktu subuh
3. Barangsiapa yang membaca surat Al-mu'min dari awal sampai kalimat "ilaihir masir" dan membaca ayat kursi  di waktu pagi, maka ayat tersebut menjadi penjaga hingga waktu sore, dan begitupun sebaliknya jika dibaca waktu sore menjadi penjaga hingga waktu pagi.
4. Barangsiapa yang membaca ayat kursi, maka Allah mengutus malaikat untuk menuliskan kebaikan baginya dan menghapus kesalahannya hingga waktu esok.
5. Barangsiapa yang membiasakan membaca ayat kursi ketika di dunia, maka itu merupakan tanda kebahagiaan di akhirat dan keselamatan dari kefasikan dan kemunafikan (hanya orang munafiq dan fasiq yang tidak mau membiasakan membaca ayat kursi).
6. Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat lima waktu, maka dibukakan baginya pintu-pintu surga, dia masuk surga dari pintu yang mana saja yang ia kehendaki.
7. Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai solat lima waktu, maka Allah memberikan kepadanya hati-hati yang senantiasa bersyukur, amal-amalan para siddiqin, pahala para Nabi, diberikan rahmat, dan tidak ada yang dapat menghalanginya masuk surga kecuali mati, maka apabila ia mati akan masuk surga.
8. Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat lima waktu, maka dia akan diberikan pahala orang-orang yang bertaqwa dan amal-amalan para siddiqin.

Banyak sekali keutamaan-keutamaan dari ayat kursi yang sudah dijelaskan oleh para 'Ulama, saya tidak bisa menuliskannya satu persatu, namun biasakanlah membacanya paling tidak 1x setelah shalat fardu atau kalau mau 17x dan juga sebelum tidur dengan niat mengharap ridha Allah SWT.

No comments:

Post a Comment