PERISTIWA BERSEJARAH PADA HARI JUM'AT

بسم الله الرحمن الرحيم


Persitiwa Bersejarah Pada Hari Jum'at


1. Pernikahan Nabi Adam as Dengan Siti Hawa


Selain pernikahan Nabi Adam as, pada hari jum'at juga Allah menciptakan Nabi Adam, menempatkannya di surga, mengeluarkan dari surga, diterimanya tobat Nabi Adam, semuanya itu terjadi pada hari jum'at. Pernikahan Nabi Adam dengan siti Hawa dengan mahar membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 10x.

2. Pernikahan Nabi Yusuf Dengan Siti Zulaikho

Nabi Yusuf sudah menjadi raja di Mesir, dan siti Zulaikho yang dahulu cantik dan kaya, kini menjadi wanita yang faqir, lemah dan buta, akan tetapi rasa cinta Zulaikho kepada Nabi Yusuf semakin bertambah.

Sebelum beriman kepada Allah, dulu Zulaikho adalah wanita yang menyembah berhala.

Suatu malam pada malam jum'at dia bermunajat kepada Allah dan berkata : "Wahai Tuhanku, sekarang aku tidak mempunyai lagi harta dan kecantikan, aku menjadi orang yang lemah, hina dan faqir, dan Engkau mencobaku dengan kecintaan dan kerinduan kepada Yusuf, jika cinta ini kesampaian maka sampaikanlah, dan jika tidak maka jauhkan rasa cinta ini dariku. Malaikat mendengar do'a Zulaikho dan mengadu kepada Allah seraya berkata : "Wahai Tuhanku, sesungguhnya Zulaikho datang dan berdo'a pada-Mu dengan keimanan dan ke-ikhlasannya", Allah SWT menjawab : "Wahai malaikat-Ku, sesungguhnya telah dekat waktunya bagi Zulaikho".

Pada suatu hari Nabi Yusuf bersama kerabatnya berjalan dan melewati Zulaikho, tatkala Yusuf mendekati Zulaikho, Zulaikho berkata : "Maha Suci Allah yang telah menjadikan seorang budak menjadi raja dengan rahmat-Nya", Nabi Yusuf berhenti dan berkata :"Siapa engkau?", Zulaikho menjawab : "Saya yang telah membelimu dengan permata, emas, perak, misik dan kapur, saya seorang wanita yang tidak kenyang dari makan semenjak merindukanmu, tidak tidur di malam hari semenjak melihatmu". Nabi Yusuf berkata : "Semoga engkau Zulaikho", Zulaikho menjawab : "Iya wahai Yusuf", Yusuf bertanya : "Kemanakah hartamu, kecantikanmu dan perhiasanmu?", Zulaikho menjawab : "Semua telah hilang dalam kerinduan padamu", Yusuf bertanya lagi : "Bagaimana kerinduanmu?", Zulaikho menjawab : "Kerinduanku semakin bertambah dari waktu ke waktu".

Nabi Yusuf bertanya kepada Zulaikho : "Apa yang engkau inginkan?", Zulaikho menjawab : "Aku ingin 3 hal, yaitu kecantikan, harta dan kesampaian". Nabi Yusuf bermaksud untuk berlalu dari Zulaikho, maka Allah mewahyukan kepada Yusuf melalui Jibril : "Wahai Yusuf, engkau bertanya kepada Zulaikho apa yang diinginkannya, tetapi engkau tidak jawab keinginannya, ketahuilah bahwa Allah akan mengawinkan Zulaikho denganmu, Malaikat dan bidadari akan jadi saksi". Nabi Yusuf berkata : "Wahai Jibril, Zulaikho tidak mempunyai harta, kecantikan dan tidak muda lagi", Jibril menjawab : "Allah berkata padamu, "jika Zulaikho tidak punya harta dan kecantikan, maka Aku yang mempunyai kekuatan, keagungan dan kekuasaan". 

Allah memberikan kecantikan kepada Zulaikho sehingga menjadi wanita yang sangat cantik seperti usia 14 tahun. Lalu Allah memberikan rasa cinta dan kerinduan kepada Yusuf di dalam hatinya, sehingga Yusuf dan Zulaikho menjadi 2 orang yang saling merindukan.

Ketika Nabi Yusuf kembali ke rumah dan ingin berkholawat dengan Zulaikho, sementara Zulaikho sedang sholat, Nabi yusuf menunggu lama, sementara Zulaikho belum juga salam hingga Nabi Yusuf habis kesabarannya dan memanggil Zulaikho : "Wahai Zulaikho, bukankah dahulu engkau telah mengoyak bajuku ketika aku hendak lari darimu?", Zulaikho mengucapkan salam dan menjawab : "Iya itu dulu, sekarang tidak seperti itu". Kemudian Zulaikho berdiri untuk sholat lagi, tapi Nabi Yusuf menariknya hingga bajunya koyak, maka turunlah Jibril dan berkata : "Wahai Yusuf, baju dibalas baju, maka hilanglah cercaan antaramu dan Zulaikho dahulu.

3. Pernikahan Nabi Musa as dengan Sofwaro Binti Syu'aib as

Silakan lihat Al-Qur'an surat Al-Qosos ayat 22-28, kisah bertemunya Nabi Musa dengan 2 orang puteri Nabi Syua'ib as di Madyan, dan Nabi Syu'aib menikahkan Nabi Musa dengan salah seorang puterinya yaitu Sofwaro.

4. Pernikahan Nabi Sulaiman as dengan Ratu Bilqis

5. Pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Siti Khadijah ra

Nabi Muhammad SAW menikah dengan siti Khadijah pada usia 25 tahun sedangkan Khadijah usia 40 tahun, pernikahannya pada hari jum'at setelah Nabi Muhammad pulang berdagang dari Syam. Rumah tangga beliau bersama Siti Khadijah berjalan selama 24 tahun 5 bulan 8 hari (dibulatkan jadi 25 tahun), 15 tahun sebelum turunnya wahyu dan sisanya setelah turun wahyu. Nabi Muhammad SAW mempunyai 7 anak, 3 laki-laki yaitu Sayid Qosim, Sayid 'Abdullah dan Sayid Ibrahim, ketiganya wafat ketika masih kecil. Sementara yang 4 perempuan yaitu Fatimah Az-zahro, Zainab, Ruqoyah dan Ummu Kulsum. Fatimah dinikahkan dengan Syidina 'Ali, Zainab dinikahkan dengan Abil-'Ash bin Rabi', Ummu Kulsum dinikahkan dengan Syidina 'Usman bin 'Affan, Ummu Kulsum wafat kemudian Sayidina 'Usman nikah dengan Ruqoyah.

6. Pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Siti 'Aisyah ra

Setelah Siti Khadijah wafat pada usia 65 tahun, Rasulullah SAW merasakan kesedihan, turunlah malaikat Jibril as dengan membawa kertas dari surga yang bergambar seorang wanita yaitu 'Aisyah ra, Jibril berkata : Wahai Muhammad, Allah menyampaikan salam untukmu dan berkata : "Sesungguhnya Aku menikahkanmu di langit dengan seorang perawan yang menyerupai gambar ini, maka engkau nikahi dia di bumi", kemudian Rasulullah SAW meminta petunjuk dan meminta diperlihatkan gambar wanita tersebut yang ternyata 'Aisyah puteri Abu Bakar ra.

Rasulullah SAW memanggil Abu Bakar dan bertanya : "Apakah engkau mempunyai anak perempuan yang bernama 'Aisyah?, Allah menikahkan aku dengannya di langit dan memerintahkan engkau supaya menikahkan aku dengannya di bumi". Abu Bakar menjawab : "Wahai Rasulullah, 'Aisyah masih kecil, saya tidak tahu apakah ia pantas berkhidmat padamu atau tidak", Rasul menjawab : "Seandainya belum pantas, tentu Allah tidak menikahkan aku dengannya. Singkat cerita Rasulullah SAW menikahi Siti 'Aisyah ra.

7. Pernikahan Sayidina 'Ali dengan Siti Fatimah Az-Zahro ra

Dari pernikahan Sayidina 'Ali dan Siti Fatimah, dikaruniai 2 anak yaitu Syidinan Hasan dan sayidina Husein ra.

1 comment:

  1. Maha Kuasa Allah yang memberkahi hari Jumat dan berbagai peristiwa nya :)

    ReplyDelete