KESEPAKATAN QURAISY UNTUK MEMBUNUH RASULULLAH SAW

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagian 2-27

1. Ketika kaum Quraisy melihat bahwa Rasulullah SAW mendapat pembelaan dari para Sahabat dan kaum muslimin Madinah (Anshar), mereka juga ikut menyebarkan da'wah Rasul. Kaum Quraisy bercita-cita untuk membunuh Rasulullah SAW setelah sebelumnya mereka bermusyawarah

2. Sepakatlah kaum Quraisy untuk mengambil seorang pemuda dari tiap-tiap kabilah, mereka (para pemuda) berkumpul di depan rumah Rasulullah SAW, jika Rasul keluar dari rumah, mereka harus memukul Rasul satu persatu dari mereka.

3. Kesepakatan kaum Quraisy sengaja mengambil pemuda dari tiap-tiap kabilah agar ketika Rasul terbunuh, kerabat Rasul dari Bani 'Abdi Manaf tidak mungkin bisa memerangi kaum Quraisy keseluruhan karena yang melakukan pembunuhan semua kabilah Quraisy, mereka berpikir bahwa kerabat Rasul hanya akan meminta denda saja. 

4. Akan tetapi Allah memberitahukan kepada Nabi Muhammad SAW tentang rencana kaum Quraisy itu, dan Allah memerintahkan Nabi SAW untuk hijrah ke Madinah.


Itulah rencana makar dari kaum Quraisy yang ingin membunuh Rasulullah SAW, akan tetapi Allah berkehendak lain, mereka berencana berbuat makar dan Allah-lah yang akan membalas makar mereka, dan Allah sebaik-baik pembuat makar. Ini Allah katakan dalam surat Al-Anfaal ayat 30 yang artinya :

Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir Quraisy memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu atau mengusirmu, mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baiknya Pembalas tipu daya (QS. AL-Anfaal : 30)

No comments:

Post a Comment