RASULULLAH SAW SINGGAH DI QUBA

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagian 2-30

1. Sebelum Rasulullah SAW sampai ke Madinah, beliau singgah terlebih duhulu ke Quba yaitu di tempat Bani 'Amr bin 'Auf pada hari kedua bulan Rabi'ul Awal yang bertepatan dengan tanggal 30 september tahun 622 masehi. Hari tersebut merupakan hari penanggalan baru.

2. Penanggalan tersebut merupakan peringatan munculnya Islam setelah 13 tahun Rasulullah tinggal di Makkah dengan mengalami tekanan yang sangat berat dan rintangan dari kaum Quraisy dalam berda'wah.

3. Rasulullah SAW tinggal di Quba selama 22 malam bersama para sahabat Muhajirin dan Anshar dengan aman dan tenteram.

4. Pada waktu itu Beliau mendirikan Masjid Quba yang Allah sifatkan dengan "Masijid yang didirikan atas dasar taqwa".

Dalam surat At-taubah ayat 108 yang artinya
"Janganlah kamu bersembahyang dalam Masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar taqwa (Masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih"

NOTE
Pada masa pemerintahan khalifah 'Umar bin Khattab, kaum Muslimin bermaksud membuat penanggalan baru bagi mereka. Mereka menjadikan permulaan penanggalan tersebut dari peristiwa hijrah yang mulia ini, mengingat tidak adanya perbedaan di antara permulaan hijriyah dan permulaan tahun Hilaliyah, maka mereka memajukan waktu hijriyah hingga lebih cepat 2 bulan dan beberapa hari. Kemudian mereka menjadikan permulaan tanggal hijriah dari awal bulan muharram itu juga.

Bersambung ke Rasulullah SAW Sampai Ke Madinah

No comments:

Post a Comment