AGAR DITERIMA ADSENSE

---Google Adsense---

Tak sedikit Blogger yang ingin menjadi publisher Google Adsense mungkin karena tergiur oleh banyak Blogger yang sudah banyak menghasilkan dollar dari Adsense karena bayarannya yang cukup besar dibanding layanan lain, namun tak sedikit pula Blogger yang ditolak ketika melakukan pendaftaran. Di samping dollar yang menjadi lirikan mungkin juga dengan adanya iklan dalam sebuah blog, tampilannya kelihatan lebih indah, itung-itung sebagai hiasan kali ya, namun perlu diingat tidak semua pengunjung blog menyukai adanya iklan yang tampil di blog kita apalagi sampai mengganggu kenyamanannya ketika membaca.

Lantas apa sih tujuan sebenarnya membuat blog? Yang jelas tujuannya sudah pasti berbeda-beda karena setiap orang berbeda pula sifatnya, mungkin ada yang karena hobi menulis, supaya mendapatkan penghasilan, mungkin juga karena ingin memberikan manfa'at kepada pembaca dengan artikel yang dibuatnya.

Bagi saya pribadi sedari awal saya membuat blog sama sekali tidak tertarik dengan yang namanya Adsense, karena tujuan saya membuat blog bukan untuk Adsense, hingga usia blog mencapai satu tahun saya belum pernah kepikiran untuk mendaftar, namun ketika melihat banyak blogger yang memperbincangkan Adsense, akhirnya saya tertarik juga dan iseng ikutan daftar, eh ternyata tidak melalui proses yang lama, blog sayapun diterima dengan menggunakan .blogspot.com, kemudian kedua kalinya saya mencoba daftar lagi dengan blog domain TLD, dan ternyata hanya membutuhkan waktu 2 hari blog sayapun diterima kembali, setelah kira-kira 1 jam menerima email pemberitahuan dan memasang kode, iklanpun tampil. Alhamdulillah.

Lalu bagaimana supaya cepat diterima? Menurut saya sih modal yang paling penting untuk mendaftar Adsense ialah dengan membuat artikel original bukan copy-paste, perbanyak tulisan bukan memperbanyak gambar, karena tak sedikit blogger yang ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Jadi jika anda ingin cepat diterima silakan perkaya dulu kontennya. Namun demikian kita juga perlu memperhatikan umur blog, karena tidak mungkin blog baru satu hari bisa daftar. Lalu berapakah umur blog agar bisa daftar Adsense? Silakan lihat gambar di bawah ini 
Jika tampilan di menu penghasilan seperti gambar di atas itu berarti blog belum bisa didaftarkan, dikarenakan umur blog yang masih baru atau bisa juga blog lama namun belum ada artikelnya, karena biasanya kalau blog lama walaupun artikel baru ada 4 sudah bisa daftar, diterima atau tidak itu lain lagi urusannya.

Untuk gambar yang kedua itu menunjukkan bahwa blog sudah siap didaftarkan, jadi jika pertanyaannya berapa umur blognya? Silakan lihat saja menu penghasilan seperti pada gambar di atas.

- Lalu berapakah jumlah artikel untuk mendaftar Adsense? Seperti saya katakan di atas 4 artikelpun sudah bisa daftar, namun kemungkinan ditolak, jadi saya sarankan perbanyak dulu artikelnya, minimal 10 artikel original baru mencoba daftar, karena ada blogger yang katanya dengan 10 artikel bisa diterima, namun jika penasaran silakan dicoba dulu, kalau ditolak nanti tinggal diperbaiki apanya yang kurang.

- Lalu benarkah harus memasang About, Contact, Privacy Policy dan Disclaimer agar bisa diterima? Menurut saya tidak, karena semenjak saya membuat blog hingga sekarang tidak pernah mencantumkan About dan lain-lain, yang saya pasang hanya widget Popular Posts, Labels dan Arsip saja, karena ini memang penting untuk memudahkan pengunjung mencari artikel yang dibutuhkan.

- Benarkah tidak boleh memasang Read More otomatis? Boleh saja, sayapun memasangnya dan terbukti diterima.

- Benarkah selama review tidak boleh ganti-ganti atau edit template? Yah betul, karena jika diganti atau diedit, maka blog akan dianggap masih dalam pembangunan dan kemungkinan bisa ditolak, namanya juga masih dalam pembangunan yang kesannya belum jadi.

- Benarkah ketika daftar harus memakai template premium? Tidak juga, template gratisanpun tidak mengapa yang penting mobile friendly, bahkan lebih bagus memakai template bawaan blogger, sayapun menggunakannya karena lebih simple dan mudah diedit.

- Benarkah tidak boleh memasang link dalam artikel? Boleh, tetapi yang wajar saja jangan kebanyakan, dan menshare ke sosial mediapun tidak mengapa, asal jangan keseringan.

- Benarkah harus punya banyak visitor agar diterima? Tidak juga, blog sayapun visitornya tidak banyak dan bisa diterima.

- Benarkah blog dengan Top Level Domain susah diterima? Menurut saya tidak juga, mau .blogspot.com atau TLD sama saja.

Jadi hal yang paling penting supaya diterima Adsense ialah dengan memperbanyak artikel original, gunakan template yang mobile friendly dan jangan lupa berdo'a. Usahakan selama review membuat artikel minimal satu setiap hari untuk mempercepat proses review agar tidak terlalu lama, karena biasanya proses review itu normalnya 3 hari, tapi bisa kurang bisa juga sampai berminggu-minggu. Jika masih ditolak tetaplah semangat dan daftarkan kembali sampai diterima jika memang tujuan anda membuat blog hanya untuk mendapatkan uang dari Adsense.

Semoga bermanfa'at

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman, jika ada yang tidak setuju silakan saja, karena pengalaman orang itu berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment