ADAB ANAK TERHADAP IBU BAPAK

بسم الله الرحمن الرحيم

وقضى ربك الا تعبدوا الا اياه وبالوالدين احسانا اما يبلغن عندك الكبر احدهما او كلاهما فلا تقل لهما اف ولا تنهرهما وقل لهما قولا كريما . واخفض لهما جناح الذل من الرحمة وقل رب ارحمهما كما ربياني صغيرا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : "Wahai Tuhanku kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka telah mendidik aku waktu kecil". (QS. Al-Israa : 23-24)

Pada artikel sebelumnya saya sudah menuliskan adab seorang murid terhadap guru, dan untuk kali ini adab seseorang terhadap ibu bapaknya. Dan perlu diingat bahwa guru dan ibu bapak merupakan orang tua bagi kita yang wajib di hormati. Ibu adalah orang yang mengandung, melahirkan, menyusui, mendidik dan membesarkan kita. Sampai-sampai Rasul berkata ketika ada sahabat yang bertanya "Kepada siapa kita harus berbuat baik?", Rasul menjawab "Ibumu, ibumu, ibumu dan kepada bapakmu". Tiga kali Rasul menyebut ibu karena kasih sayang dan jasa ibu sangat besar dalam mengurus dan mendidik anaknya. begitu pula seorang bapak yang tak kenal lelah mencari nafkah untuk membiayai hidup kita, ikut membesarkan dan mendidik kita.

Sebanyak apapun amal kebaikan yang dilakukan seseorang, jika durhaka terhadap kedua orang tua maka dia tidak akan mendapat ridha dari Allah.


رضا الله في رضا الوالدين وسخط الله في سخط الوالدين

Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua, dan murka Allah ada pada murka orang tua (HR. Al-Baihaqi).

Menyakiti kedua orang tua merupakan dosa yang sangat besar, ingat perkataan Rasulullah SAW :

اثنان يعجلهما الله في الدنيا البغي وعقوق الوالدين

Dua perkara yang adzabnya akan disegerakan oleh Allah di dunia, yaitu zina dan menyakiti kedua orang tuanya (HR. Ath-Thabrani).

Berikut adab anak terhadap orang tua
Adab Anak Terhadap Orang Tua
1. Hendaknya engkau mendengar perkataan ibu dan bapak. Ta'ati perintah keduanya selama tidak mendurhakai Allah, jika perintah itu mendurhakai Allah maka tolaklah dengan lembut. Karena kita tidak boleh ta'at kepada siapapun yang menyuruh ma'siat kepada Allah, Rasul berkata :

لاطاعة لمخلوق في معصية الخالق

Tidak boleh ta'at kepada makhluk dalam berma'siat kepada Allah.

2. hendaknya engkau berdiri ketika ibu dan bapak berdiri sebagai penghormatan kepada keduanya.

3. Hendakanya engkau melaksanakan segala perintahnya selama tidak untuk berbuat ma'siat, seperti yang saya tuliskan pada poin pertama.

4. Jangan engkau berjalan di depan keduanya, berjalanlah di belakangnya karena memuliakan mereka, kecuali jika ada urusan yang harus diselesaikan ketika itu, maka tidaklah mengapa.

5. Jangan engaku meninggikan suara melebihi suara keduanya.

6. Hendaknya engkau memenuhi panggilan keduanya dengan jawaban yang lembut.

7. Hendaknya engkau selalu mencari ridha keduanya dengan ucapan dan tingkah laku yang baik.

8. Hendaknya engkau bersikap tawadu' kepada keduanya, layani mereka dengan baik, sebaik-baik layanan kepada mereka.

9. Jangan engkau menyebut-nyebut kebaikanmu kepada mereka. Seperti engkau berkata kepada mereka "Aku telah memberikan dan berbuat ini dan itu kepada kalian". Ini dapat menyakiti hati mereka, ingat sebanyak apapun kebaikan yang kamu lakukan terhadap kedua orang tua, itu semua tidak akan bisa membalas semua kasih sayang dan jasa-jasa mereka kepada engkau.

10. Jangan engkau memandang mereka dengan pandangan mata yang penuh kemarahan, bersikap sinis, memalingkan muka dari mereka.

11. Jangan engkau memasamkan muka di hadapan mereka.

12. Jangan engkau bepergian tanpa izin dari mereka.

13. Senantiasa mendo'akan kebaikan bagi mereka.

Bagaimana jika orang tua kafir, apakah wajib berbuat baik kepada mereka? Tetaplah berbuat baik kepada mereka dalam segala urusan yang tidak terkait dengan urusan agama selagi mereka masih hidup.

Lalu bagaimana kepada ibu atau bapak tiri? Sama kepada merekapun kita tetap wajib berbuat baik, kepada sesama saja wajib apalagi kepada kedua orang tua.

No comments:

Post a Comment