MEMBUAT TULISAN ARAB DI PHOTOSHOP

Cara Menulis Huruf Arab Di Photoshop
Pada artikel yang lalu saya sudah membuat tutorial tentang bagaimana cara mengetik huruf arab di komputer yang bisa dilakukan di aplikasi apa saja seperti Ms. Word, Notepad, Power Point dan lain sebagainya yang penting ngetik di komputer. Namun untuk mengetik huruf arab di Photoshop untuk dijadikan file berupa gambar, ada sedikit yang harus disetting, karena kalau tidak maka huruf arab yang tampil akan terpisah-pisah tidak bisa menyambung. 

Bagi kalian yang belum mengetahui caranya, mungkin artikel ini bisa sedikit membantu, walaupun sebenarnya dengan menggunakan Ms. word juga bisa dijadikan file berupa gambar dengan cara mengkoversinya ke dalam file JPEG/JPG ataupun PNG dan bisa dilakukan dengan cara online tanpa harus memakai software tambahan. Cara yang saya tuliskan ini bukanlah hal yang baru bagi orang-orang yang sudah mahir mengoperasikan program Photoshop dan sayapun bukan ahlinya pula. Tutorial ini saya dapatkan dari blogger lain yang sudah menuliskannya terlebih dahulu, di sini saya hanya menulis ulang dengan memakai gaya bahasa sendiri tanpa copy-paste, karena saya tidak suka dan belum pernah copas tulisan orang lain untuk ditampilkan di blog saya. (Gak kreatif banget sih copas blog lain kayak yang gak bisa memberikan penjelasan sendiri, hehehe).

Lalu bagaimana caranya? Silakan disimak.!
1. Buka Program Photoshop
2. Tekan CTRL K
3. Pilih menu "Type" lalu pilih "Middle Eastern and South Asian", agar lebih jelas silakan lihat gambar di bawah ini
Cara Membuat Tulisan Huruf Arab Di Photoshop
4. Klik OK
5. Lalu tutup program Photoshopnya.

Setelah ditutup kemudian buka kembali. Silakan dicoba dengan membuat halaman baru bisa dengan cara menekan CTRL N, ukurannya silakan diatur sendiri.

Jika huruf arab tidak bisa tampil, maka kamu perlu install bahasa pada Windows terlebih dahulu, untuk caranya silakan lihat Artikel ini. Jika sudah terinstall, sebelum mulai mengetik huruf arab, tekan dulu tombol SHIFT dan ALT berbarengan, untuk kembali ke huruf latin tekan kembali SHIFT dan ALT, selesai. Semoga bermanfa'at. 

No comments:

Post a Comment