Mengganti Background Header Blog Dengan Gambar

Header merupakan bagian utama dari sebuah blog atau website yang terlihat pertama kali ketika dibuka, jika bagian layout, sidebar ataupun footer bisa dirubah backgroundnya, maka tentu header-pun bisa, apakah merubah warnanya atau diganti dengan gambar kesukaan kita. Caranya bisa dengan edit html ataupun melalui widget, namun di sini saya tidak akan menuliskan cara dengan edit html, kita akan memanfa'atkan widget saja.

Lalu apa itu background? Background adalah latar belakang atau dasar, jika dikatakan background warna hijau berarti warna dasarnya hijau, jika dikatakan backgroundnya gambar berarti latarnya/dasarnya berupa gambar. Kira-kira seperti itulah arti background. 

Langkah pertama yang harus disiapkan untuk mengganti background header dengan gambar tentunya gambar itu sendiri, terserah mau gambar apa yang penting gambar positif. Setelah gambar tersedia lalu buka menu Layout, lihat widget header kemudian klik edit, maka akan terbuka halaman baru, Choose file dan masukkan gambar yang ada di komputer lalu simpan. Lihat screenshot di bawah ini agar lebih jelas
Header Blog Diganti Dengan Gambar
Itulah cara yang paling mudah. Kemudian untuk template yang mempunyai dua header (header kiri dan kanan), pada header left kamu bisa menggunakan cara di atas yang biasanya diisi dengan title dan deskripsi blog yang berupa logo/gambar, sementara header right mungkin bisa dengan cara di bawah ini. Di bagian header kanan klik "Add a Gadget", pilih Image seperti gambar di bawah, caranya sama seperti di atas, masukkan file gambarnya lalu simpan.
Header Blog Diganti Dengan Gambar
Mudah bukan? Jadi silakan dicoba-coba sendiri supaya lebih dimengerti, karena pengetahuan itu tidak selalu datang dari membaca, dari pengalaman juga bisa menambah pengetahuan, saya juga yakin master-master blogger bahkan para ilmuan di dunia tidak semua pengetahuan yang mereka dapat hanya dari membaca saja, tapi juga dari pengalaman yang pernah dialaminya, kalau tidak dicoba kita tidak akan pernah tahu, tapi jangan coba-coba hal yang negatif. Semoga bermanfa'at.

Untuk pembuatan logo secara online, anda bisa membuatnya di situs Flamingtext yang cukup banyak pilihan font-nya.

No comments:

Post a Comment