Mengaktifkan HTTPS Untuk Custom Domain Blogspot

Pada artikel yang lalu saya telah menuliskan cara untuk mengaktifkan HTTPS khusus buat blog yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com. Dan kali ini bagaimana caranya untuk blog yang sudah menggunakan Top Level Domain seperti .id .com .net dan lain sebagainya. Awalnya blog yang sudah menggunakan domain sendiri di blogger tidak bisa mengaktifkan HTTPS kecuali melalui pihak lain seperti Cloudflare, namun sekarang fitur HTTPS di blogger sudah bisa diaktifkan tanpa melalui pihak manapun, tentu ini merupakan kabar yang baik bagi para pengguna Blogspot.

Lalu apa perbedaan HTTP dan HTTPS serta apa kelebihan dan kekurangannya? Silakan searching di Google dan cari sendiri jawabannya, saya bukan ahli IT. Di sini saya hanya akan menuliskan bagaimana cara mengaktifkan fitur HTTPS, caranya sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

1. Silakan Login ke Blogger
2. Lihat gambar di bawah ini
Mengaktifkan HTTPS Untuk Blog TLD Di Blogger
Pada tulisan https://www.blogger.com, ganti www dengan draft jadi draft.blogger.com lalu enter, nanti akan terbuka halaman baru seperti pada gambar di bawah, ganti No dengan Yes, tunggu kira-kira 1-3 menit karena sedang diproses, refresh atau tekan F5 sampai No bisa diganti dengan "Yes" pada gambar no.2.
Cara Mengaktifkan HTTPS Blog TLD Di Blogspot
Jika sudah selesai, silakan submit ulang URL-nya dengan mencantumkan HTTPS ke Google Webmasters Tool, Bing dan search engine lainnya. Sok mangga dicobian, semoga bermanfa'at.

No comments:

Post a Comment