ILMU YANG WAJIB DIPELAJARI

بسم الله الرحمن الرحيم
Ilmu Yang Wajib Dituntut
Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang Niat Dalam Mencari Ilmu, lalu ilmu apa saja yang wajib dituntut oleh setiap orang Islam? Ada tiga macam ilmu yang wajib dipelajari lalu kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun perlu diketahui bahwa bagi orang muslim alangkah lebih baik belajar pula tentang pengetahuan umum agar umat Islam tidak tertinggal oleh umat agama lain di bidang pengetahuan umum. Bukankah kita menginginkan menjadi orang yang berguna bagi agama yang tentunya dengan menguasai ilmu agama, berguna juga bagi bangsa dan negara yang tentunya harus menguasai pula pengetahuan selain agama itu sendiri, apakah ilmu politik, hukum, ekonomi, kedokteran dan lain sebagainya yang bermanfa'at bagi kita sebagai umat Islam dan bermanfa'at pula bagi orang lain, karena orang yang dapat memberikan manfa'at itulah orang yang terbaik.

Tiga Macam Ilmu Yang Wajib Dituntut Oleh Umat Islam

1. Ilmu Tauhid
Ilmu yang berhubungan dengan aqidah atau keyakinan kita sebagai umat Islam, ilmu ini merupakan yang paling penting, sebuah pondasi yang harus tetap kokoh dan kuat. Ilmu tauhid ilmu yang membahas tentang keyakinan kita kepada Allah SWT, di dalamnya diajarkan sifat-sifat bagi Allah yang wajib, mustahil dan jaiz, keyakinan terhadap para Malaiktat, mengimani kitab-kitab Allah, percaya kepada para Nabi dan Rasul sebagai utusan Allah, mengetahui sifat-sifat Nabi dan Rasul, keyakinan terhadap hari akhir, Qodo dan Qodar, percaya kepada hal yang gaib dan lain sebagainya untuk menguatkan keyakinan kita. Jangan sampai dengan lemahnya iman dan minimnya pengetahuan tentang tauhid menjadikan seseorang terjerumus ke dalam jurang kekufuran.

2. Ilmu Fiqih
Ilmu yang membahas tentang ibadah kita sehari-hari, kita diajarkan bagaimana cara berwudu, shalat, zakat, puasa, haji, mana yang wajib dan sunnah, yang halal dan haram, yang batal dan tidak, sah atau tidak sah. Di dalamnya diajarkan pula tentang munakahat, mu'amalat, ilmu waris, jinayat dan lain sebagainya. Dengan mengetahui ilmu fiqih ini agar semua ibadah yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik sesuai tuntunan Al-Qur'an dan Sunnah, Ijma 'Ulama serta Qiyas sebagai dasar hukumnya.

3. Ilmu Akhlaq / Tasawuf
Sesudah keyakinan kita kuat, ibadahnya hebat, belum sempurna jika ilmu akhlaq belum terpenuhi, bagaimanapun juga akhlaq merupakan bagian yang penting. Bagaimana mungkin seorang muslim mempunyai akhlaq yang buruk, sementara Rasulullah SAW sendiri diutus ke dunia untuk menyempurnakan akhlaq. Di dalam ilmu akhlaq kita diajarkan bagaimana hubungan terhadap Allah, akhlaq kepada orangtua, kepada guru dan sesama makhluq, mengetahui dan membersihkan hati dari sifat-sifat kotor seperti munafik, hasud, riya, ujub, takabbur dan lain sebagainya. Kalau diibaratkan kita akan membangun sebuah rumah, yang pertama tentu membuat pondasi yang kokoh, pondasi inilah tauhid, sedangkan tiang, dinding dan bangunan lainnya kita ibaratkan sebagai fiqih, pondasi yang kuat dan bangunan rumah yang kokoh tentu masih terasa kurang jika rumah tersebut tidak ada hiasannya dan kotor tidak terurus, maka hiasan inilah sebagai akhlaq untuk menghiasai hati dan perbuatan kita dengan akhlaq yang mulia, rumahnya dipelihara dan dijaga kebersihanya begitu pula kita harus menjaga hati agar tetap bersih daripada sifat-sifat kotor. Dengan ketiga ilmu inilah maka sempurnalah semuanya. Ilmunya kita pelajari kemudian diamalkan, karena ilmu tanpa amal bagaikan pohon tak berbuah.

No comments:

Post a Comment