PENYEBAB KUAT HAFALAN DAN LUPA

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagi seorang santri atau pelajar tentu menginginkan mudah untuk menghafal pelajaran, kuat hafalan dan tidak mudah lupa. Dalam kitab Ta'lim Muta'allim dijelaskan ada beberapa yang menjadi kuatnya hafalan serta penyebab lupa. Berikut rinciannya :

Penyebab Mudah Hafal

1. Sungguh-sungguh dan terus-menerus dalam belajar, mengulang-ngulang pelajaran, karena hafalan akan kuat jika sering diulang-ulang.

2. Menyedikitkan makan, artinya jangan terlalu banyak makan, sering berpuasa itu tentu lebih baik. Jika kebanyakan makan akan banyak minum, banyak makan tentu banyak tidur, dari banyak makan dan tidur menyebabkan banyak dahak, dahak inilah yang menjadi penyebab lemahnya hafalan.

3. Perbanyak shalat malam seperti Tahajjud.

4. Perbanyak membaca Al-Qur'an, karena tidak ada sesuatu yang bisa menambah kuatnya hafalan daripada membaca Al-qur'an dengan melihatnya. Rasulullah SAW bersabda :

أفضل أعمال امتي قراءة القران نظرا

Amal-amalan yang paling utama dari umatku ialah membaca Al-Qur'an dengan dilihat.

5. Ketika mengambil kitab atau buku maka ucapkan

بسم الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم العزيز الحكيم عدد كل حرف كتب ويكتب ابد الابدين ودهر الداهرين

6. Setiap selesai shalat Fardu ucapkan

امنت بالله الواحد الأحد الحق وحده لا شريك له وكفرت بما سواه

7. Memperbanyak membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena Nabi Muhammad SAW adalah rahmat bagi seluruh alam, dengan berkahnya shalawat kepada beliau, kita mengharapkan kepada Allah turunnya rahmat, kuatnya hafalan dan hilangnya lupa.

8. Menjauhi perbuatan ma'siat / dosa. Karena hafalan itu merupakan anugerah dari Allah, sedangkan anugerah Allah tidak akan diberikan kepada orang yang ma'siat.

9. Siwak.

10. Meminum madu.

11. Memakan kandar dengan gula

12. Memakan 21 buah kismis merah setiap hari ketika lapar.

13. Jangan beingung dan sedih dengan urusan dunia. Karena bingung dengan urusan dunia akan membuat hati menjadi gelap, sedangkan bigung dengan urusan akhirat akan membuat hati menjadi terang
Penyebab Mudah Hafal Dan Lupa
Itulah di antara yang menjadi penyebab mudah hafal, untuk penyebab lupa tentu kebalikan dari itu semua. Namun dalam kitab Ta'lim disebutkan pula beberapa penyebab lupa, di antaranya :

1. Memakan ketumbar basah
2. Memakan buah apel yang masam
3. Melihat salib
4. membaca tulisan yang ada di batu nisan kuburan
5. Melewati di antara kerumunan unta
6. Mambuang kutu yang masih hidup ke tanah
7. Bekam pada bagian lekuk-lekuk tengkuk kepala.

No comments:

Post a Comment